Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hingga Juli, 120 Gugatan Pilkada Masuk MK

Jumat, 06 Agustus 2010 – 13:11 WIB
Hingga Juli, 120 Gugatan Pilkada Masuk MK - JPNN.COM
JAKARTA- Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD menyebutkan hingga Juli 2020 lalu, gugatan sengketa Pilkada yang didaftarkan mencapai 120 perkara. Dari ratusan perkara yang telah ditangani itu, sebanyak 76 perkara telah putus. Sementara sisanya sebanyak 44 perkara masih dalam tahap proses penyelesaian.

Menurut Mahfud, dari jumlah yang telah diputus itu, sebanyak 3 perkara ditarik kembali. Sebanyak 40 perkara ditolak majelis hakim, 26 perkara dinyatakan tidak dapat diterima dan hanya 7 perkara yang dikabulkan. Banyaknya sengketa pilkada yang harus diselesaikan oleh Majelis Hakim MK itu diakui oleh Hakim Ketua MK Mahfud MD pada saat acara syukuran HUT 7 Tahun MK dan peluncuran buku Hakim M Alim. “Bahkan setelah ini ada sidang lagi,” kata Mahfud MD.

Meski demikian, Mahfud menuturkan MK tetap terus akan mengawal konstitusi dan independensinya secara maksimal. Capaian yang telah diraih MK menurutnya haruslah dijaga dengan baik. Dirinya juga mengingatkan segenap jajaran MK untuk terus menjaga independensi dan ketelitian.

Mahfud menambahkan jangan sampai ada kebocoran informasi putusan sebelum diucapkan hanya karena hal sepele semisal ada lembaran yang tertinggal dan ditemukan oleh orang lain. “Tentu kita tak lepas dari kritikan bahkan kadang kala sindiran,” tuturnya.

JAKARTA- Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD menyebutkan hingga Juli 2020 lalu, gugatan sengketa Pilkada yang didaftarkan mencapai 120 perkara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA