Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

HNW Dukung Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Untuk Dua Tokoh Ini

Sabtu, 13 Februari 2021 – 23:53 WIB
HNW Dukung Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Untuk Dua Tokoh Ini - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M Hidayat Nur Wahid, MA. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Dr. H. M.  Hidayat Nur Wahid, MA, mendukung usulan penganugerahan gelar pahlawan nasional untuk Syaikhona KH. Muhammad Cholil dan KH. Bisri Syansuri.

"Saya sebagai santri dan bagian dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS),  Partai Islam rahmatan lil alamin, mementingkan bersama seluruh komponen berkhidmat untuk maslahat Umat dan Bangsa, sangat mendukung penganugrahan gelar Pahlawa Nasional itu,” ujar HNW melalui siaran Pers di Jakarta, Jumat (12/2/2021).

HNW menilai sangat wajar bila secara resmi PKS mendukung penuh usulan dan rencana penganugerahan gelar Pahlawan Nasional untuk kedua Ulama Pejuang tersebut.

Dukungan resmi terhadap penganugrahan gelar Pahlawan Nasional itu disampaikan oleh Ketua FPKS DPRRI, Dr Jazuli Juwaini, saat melaunching program Mimbar Demokrasi dan Kebangsaan di Fraksi PKS  DPR RI.

HNW sapaan akrab Hidayat mengatakan, dukungan penganugerahan gelar pahlawan, tersebut sebagai bukti bahwa Bangsa dan Negara  tidak melupakan sejarah perjuangan para Pahlawan.

Tidak menghilangkan jasa para Ulama dalam memperjuangkan dan mempertahankan Indonesia menjadi negara merdeka. Sebagaimana sudah dilakukan oleh para Ulama pejuang melalui keanggotaan mereka di BPUPK, Panitia 9 dan PPKI.

Selain itu, ada pula kiprah dan perjuangan para Ulama dengan Fatwa Jihad yang dikumandangkan oleh  KH.  Hasyim Asy’ari dan KH Wachab Hasbullah (NU), maupun melalui Amanat Jihad yang digelorakan oleh Ki Bagus Hadikusumo (Muhammadiyah). Maupun perjuangan para Ulama melalui Ormas Islam lainnya seperti PUI (KH Abdul Halim), atau juga yang  melalui Partai Islam (Masyumi) seperti dilakukan oleh M Natsir.

"Banyak diantara mereka yang telah dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Negara Republik Indonesia. Tapi masih banyak juga yang belum mendapatkan pengakuan resmi dari Negara dengan mendapatkan anugerah sebagai Pahlawan Nasional seperti Syaikhana Cholil dan KH.  Bisri Syansuri, padahal Beliau berdua juga berjasa dengan perjuangannya yang luar biasa untuk perjuangan bagi kemerdekaan Indonesia," jelasnya.

HNW menilai sangat wajar bila secara resmi PKS mendukung penuh usulan dan rencana penganugerahan gelar Pahlawan Nasional untuk kedua Ulama Pejuang tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close