Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Honorer Berharap Kado Hari Guru Terindah dari MenPAN-RB Azwar Anas, Apakah Itu?

Jumat, 07 Oktober 2022 – 16:28 WIB
Honorer Berharap Kado Hari Guru Terindah dari MenPAN-RB Azwar Anas, Apakah Itu? - JPNN.COM
Ketua BKH PGRI Riau Eko Wibowo (topi kuning) bersama pengurus lainnya. Foto BKH PGRI for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Khusus Honorer (BKH) PGRI Riau Eko Wibowo mempertanyakan pernyataan BKN dan Kemendikbudristek soal seleksi PPPK 2022.

Menurut dia ada statement Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang cukup mengusik dirinya dan guru honorer lainnya.

"Pemerintah bilang jika honorer yang dites dalam seleksi PPPK nanti tidak lulus passing grade (PG), maka secara tidak langsung akan berhenti?" kata Ekowi, sapaan akrabnya kepada JPNN.com, Jumat (7/10).

Dia melanjutkan apakah ini sebuah solusi bagi negara untuk memberikan penghargaan bagi honorer termasuk guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka sekian tahun mengajar dengan sabar mendapatkan gaji di bawah UMR.

Tokoh muda pendidikan Riau yang sangat peduli dengan nasib honorer ini mendesak pemerintah pusat lewat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Kemendikbudristek untuk tidak membuat keputusan yang membuat tenaga non-ASN sengsara. 

"Kami minta MenPAN-RB Azwar Anas mengangkat seluruh guru honorer dan tenaga kependidikan menjadi PPPK secara bertahap, mulai tahun ini hingga 2023," tegasnya.

Bagi Ekowi, permintaannya tersebut tidak muluk-muluk, karena sebanding dengan masa kerja honorer yang bertahun-tahun. Selama itu juga mereka dibayar jauh di bawah upah minimum regional (UMR), padahal mengerjakan tugas PNS.

Menjelang Hari Guru Nasional pada 26 November, Ekowi sangat berharap pemerintah memberikan kado terindah kepada seluruh guru honorer.

Honorer berharap MenPAN-RB Azwar Anas memberikan kado terindah di HUT Guru yang akan dirayakan bulan depan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close