Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Honoris Causa dan Aplaus untuk Megawati di Suhu Dingin Hachioji

Rabu, 08 Januari 2020 – 13:03 WIB
Honoris Causa dan Aplaus untuk Megawati di Suhu Dingin Hachioji - JPNN.COM
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menerima sertifikat Dr HC dari Rektor Universitas Soka Prof Yoshihisa Baba di Hachioji, Tokyo, Rabu (8/1). Foto: Ara Antoni

jpnn.com, HACHIOJI - Universitas Soka di Jepang menganugerahkan gelar doktor kehormatan atau honoris causa (Dr HC) bidang kemanusiaan kepada Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, Rabu (8/9). Prosesi pemberian gelar Dr HC atau conferment ceremony bagi ketua umum PDIP itu dilaksanakan di kampus Universitas Soka di Hachioji, circa 40 kilometer dari pusat Tokyo.

Megawati tiba di Central Tower Universitas Soka pukul 09.20 waktu setempat dalam cuaca gerimis dan berkabut dengan suhu 2 derajat Celsius. Petinggi dan mahasiswa Universitas Soka menyambut Megawati di lobi utama gedung pusat universitas yang telah eksis sejak 1971 itu.

“Selamat datang di Universitas Soka,” ujar para mahasiswa secara kor sembari mengibarkan Sang Dwiwarna di depan patung Leonardo Da Vinci yang menjadi ikon Universitas Soka.

Wajah Megawati tampak tersenyum. Selanjutnya, putri Proklamator RI itu melihat-lihat foto, buku dan benda seni di lobi utama Central Tower.

Megawati sempat mengamati foto Presiden Keempat RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang juga menerima gelar Dr HC dari Universitas Soka pada 2002. Dalam foto itu Gus Dur tampak berpelukan dengan pendiri Universitas Soka Daisaku Ikeda.

Arkian, Megawati dipandu menuju aula di lantai 17 Central Tower lokasi penganugerahan gelar. Ruangan di lantai teratas Central Tower itu penuh dengan berbagai barang seni termasuk lukisan bertarikh 1800-an.

Tepat pukul 10.00 waktu setempat, penganugerahan gelar Dr HC untuk Megawati dimulai. Megawati duduk berdampingian dengan Rektor Universitas Soka Prof Yoshihisa Baba.

Prosesi penganugerahan gelar diawali oleh dua mahasiswi Universitas Soka yang maju ke depan membacakan Soka Friendship Award. Setelah itu, Prof Baba menyampaikan kata sambutan.

Universitas Soka di Jepang menganugerahkan gelar doktor kehormatan atau honoris causa (Dr HC) bidang kemanusiaan kepada Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close