Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

HUT ke-44 Dekranas, Parade Mobil Budaya Pecahkan Rekor MURI

Sabtu, 18 Mei 2024 – 06:53 WIB
HUT ke-44 Dekranas, Parade Mobil Budaya Pecahkan Rekor MURI - JPNN.COM
Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Parade Mobil Hias, Kriya, dan Budaya memeriahkan rangkaian kegiatan. Foto: dok Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Parade Mobil Hias, Kriya, dan Budaya memeriahkan rangkaian kegiatan.

Parade yang dimulai dari Stadion Sriwedari dan berakhir di Balai Kota Solo, secara simbolis dibuka oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Pada kesempatan ini, parade juga berhasil mencatatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) turut memeriahkan parade dengan menghadirkan dua unit mobil hasil kolaborasi dengan Dekranas yang dinamakan Mobil Hias Rojomolo dan Mobil Hias Angklung.

Mobil Hias Rojomolo dan Mobil Hias Angklung serta pertunjukan teatrikal dari Ekos Dance Company merupakan perwujudan kolaborasi pendidikan berbasis kebudayaan yang melibatkan ratusan seniman, pemusik, penari serta pelajar dan mahasiswa di Solo.

Wakil Ketua Harian 2 Dekranas, Franka Anwar Makarim, mengaku senang, bangga, dan terharu menyaksikan parade ini.

Terutama saat mengetahui banyak pihak terlibat termasuk sekolah-sekolah dan berbagai komunitas di Solo untuk mobil hias Rojomolo, mobil Angklung, serta pertunjukkan teatrikal dari Ekos Dance Company.

Menurutnya, mobil hias Angklung ini menerjemahkan hubungan kerja sama yang terjalin antara Dekranas dan Kemendikbudristek melalui program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya, serta merayakan gambaran keberhasilan pemecahan rekor dunia Guinness World Records Pergelaran Angklung Terbesar di Gelora Bung Karno tahun lalu.

“Keterlibatan banyak pihak bersama ini merupakan wujud gerakan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya, komunitas budaya semakin berdaya dalam menciptakan ekosistem budaya yang berkelanjutan,” ujar Franka dikutip Sabtu (18/5).

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Parade Mobil Hias, Kriya, dan Budaya memeriahkan rangkaian kegiatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close