Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

HUT ke-51 KNPI, Haris Pertama Dorong Penguatan DPD dan Otonomi Daerah

Minggu, 28 Juli 2024 – 10:13 WIB
HUT ke-51 KNPI, Haris Pertama Dorong Penguatan DPD dan Otonomi Daerah - JPNN.COM
Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama saat hadir dalam perayaan HUT ke-51 KNPI di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Sabtu (27/7). Foto: Dokumentasi KNPI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama menilai, tugas dan fungsi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perlu diperkuat dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.

Karena itu, kata Haris, pihaknya mendorong revisi undang-undang untuk memperkuat peran dan fungsi DPD dan otonomi daerah (Otda).

"DPD harus diperkuat, otonomi daerah juga harus diperkuat, terutama oleh gerakan pemuda di seluruh Indonesia," tegas Haris dalam perayaan  HUT ke-51 KNPI di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Sabtu (27/7).

Dalam acara bertajuk  'Merawat Kebhinnekaan, Menjaga Keutuhan NKRI' itu, Haris menyatakan, tugas dan fungsi DPD selama ini masih lemah.

Bahkan, Haris menyebut, DPD terkesan sekadar penghias di parlemen. 

Oleh karena itu, dia menegaskan penguatan DPD dan otonomi daerah sangat penting yang tujuan akhirnya agar tidak terjadi disintegrasi bangsa.

Haris menginginkan DPD mempunyai peran menguatkan kepala daerah, agar seluruh daerah di Indonesia bida mendapatkan otonomi penuh dalam mengelola Sumber Daya Alam (SDA) di daerah masing-masing.

Dengan begitu, dia berharap kepala daerah yang dipilih langsung rakyat dapat menentukan kebijakan sendiri dalam menyejahterakan rakyat. 

Di perayaan HUT ke-51 KNPI, Haris Pertama mendorong penguatan DPD dan otonomi daerah melalui revisi undang-undang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA