Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ID Food Punya Strategi Jitu untuk Hadapi Tantangan Ketahanan Pangan Nasional

Sabtu, 03 Agustus 2024 – 08:46 WIB
ID Food Punya Strategi Jitu untuk Hadapi Tantangan Ketahanan Pangan Nasional - JPNN.COM
Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia/Id Food Bernadetta Raras saat menjadi pembicara Digital Transformation Indonesia Conference and Expo (DTI-CX) 2024 di Jakarta, Kamis (1/8/). Foto: ID Food

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia/Id Food Bernadetta Raras mengatakan memiliki sejumlah strategi untuk menjawab tantangan di sektor pangan nasional.

Salah satunya penerapan smart framing pada rantai pasok.

Sebab, saat ini sektor pangan nasional memiliki sejumlah tantangan, antara lain terkait produktivitas pertanian dan kualitas produk yang perlu ditingkatkan.

"Setiap pelaku industri yang menjadi bagian ekosistem pangan nasional perlu memiliki komitmen dan roadmap dalam penerapan smart farming, sehingga transformasi sektor pertanian nasional berjalan secara terukur dan berkelanjutan," kata Raras saat menjadi pembicara Digital Transformation Indonesia Conference and Expo (DTI-CX) 2024 di Jakarta, Kamis (1/8/).

Dia menambahkan Holding BUMN Pangan ID Food telah menjalankan roadmap penerapan smart farming di sejumlah lini bisnisnya.

“Penting untuk ID Food menerapkan smart farming. Kami memiliki tugas besar menjaga ketahanan pangan nasional,” ujarnya.

Dia mencontohkan, industri gula yang menjadi lini bisnis terbesar perseroaan.ID Food mengadopsi teknik pertanian pintar yang melibatkan penginderaan jarak jauh, sensor, dan internet of things (IoT).

Dengan penerapan smart farming tersebut, ID Food mampu mengolah tebu dari 50.000 hektar lahan setiap tahun sambil memaksimalkan produksinya.

Id Food mengatakan memiliki sejumlah strategi untuk menjawab tantangan di sektor pangan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA