Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IHA Sabet Penghargaan Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat

Kamis, 17 Oktober 2024 – 20:59 WIB
IHA Sabet Penghargaan Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat - JPNN.COM
IHA sabet penghargaan pemberdayaan dan pelayanan masyarakat dalam kampanye reimajinasi warisan budaya. Foto: dok IHA

jpnn.com, JAKARTA - Indonesian Heritage Agency (IHA) di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), berhasil mendapatkan penghargaan dari Detik.

Adapun penghargaan ini atas kontribusinya dalam pemberdayaan masyarakat dan inovasi pelayanan publik melalui kampanye Reimajinasi Warisan Budaya. 

IHA dinilai mampu mengintegrasikan teknologi modern dan pendekatan baru untuk mengubah pengalaman masyarakat terhadap museum dan situs cagar budaya di Indonesia sejak diluncurkan pada Mei 2024.

IHA telah berhasil mengintegrasikan teknologi modern dan pendekatan kontemporer dalam penyajian dan pengelolaan museum serta situs warisan budaya di Indonesia. 

Kampanye ini mengusung tiga pilar strategis: Reprogramming, Redesigning, dan Rejuvenating, yang berperan penting dalam menciptakan terobosan baru dalam pengelolaan museum dan cagar budaya di seluruh negeri.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Indonesian Heritage Agency, Ahmad Mahendra mengatakan reprogramming berfokus pada pembaruan narasi dan kuratorial untuk menciptakan pengalaman yang lebih dinamis dan inklusif bagi pengunjung, sementara Redesigning menekankan pada perbaikan fisik dan tata ruang museum sesuai standar internasional guna memastikan kenyamanan dan keamanan koleksi serta pengunjung. 

Di sisi lain, Rejuvenating berpusat pada pengembangan kompetensi sumber daya manusia dan peningkatan tata kelola museum agar lebih profesional dan efisien dalam pengelolaannya.

Ahmad Mahendra menyebut penghargaan tersebut adalah pengakuan atas kerja keras IHA dalam menghadirkan museum yang tidak hanya melestarikan sejarah.

IHA sabet penghargaan pemberdayaan dan pelayanan masyarakat dalam kampanye reimajinasi warisan budaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA