Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ikhtiar Jokowi Keluarkan Indonesia dari Jebakan Negara Berpendapatan Menengah

Sabtu, 04 Juli 2020 – 12:50 WIB
Ikhtiar Jokowi Keluarkan Indonesia dari Jebakan Negara Berpendapatan Menengah - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi meyakini bahwa Indonesia bisa keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah (middle income trap), sehingga bisa naik ke status negara berpendapatan tinggi.

Dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu, Presiden Jokowi menegaskan Indonesia punya potensi meraih itu.

“Itulah yang tidak kita inginkan. Pertanyaannya apakah kita punya peluang untuk keluar dari middle income trap. Saya jawab tegas, kita punya peluang besar, kita punya potensi besar,” ujar Presiden Jokowi.

Pada 1 Juli 2020 lalu Bank Dunia baru saja menaikkan status Indonesia menjadi negara berpendapatan menengah ke atas (upper-middle income country) dari negara berpendapatan menengah bawah.

Hal itu, karena Indonesia telah memiliki pendapatan nasional bruto (Gross National Income/GNI) sebesar 4.050 dolar AS pada 2019, atau naik dari 3.840 dolar AS.

GNI adalah pendapatan yang diterima negara dari penduduk, pengusaha, termasuk dari barang dan jasa yang diproduksi serta dijual ke luar negeri dan investasi luar negeri.

Meski naik status, Indonesia masih berada di level negara berpendapatan menengah.

Presiden Jokowi mengingatkan Indonesia memiliki peluang besar untuk kembali naik status menjadi negara berpendapatan tinggi dengan beberapa syarat.

Presiden Jokowi meyakini bahwa Indonesia bisa keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah (middle income trap).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close