Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Iklan Prabowo-Gibran Tak Melibatkan Anak-anak, Murni AI

Rabu, 22 November 2023 – 21:46 WIB
Iklan Prabowo-Gibran Tak Melibatkan Anak-anak, Murni AI - JPNN.COM
Ilustrasi - (TKN) Prabowo- Gibran dilaporkan ke Bawaslu terkait materi iklan. TKN sebut Iklan susu pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tidak melibatkan anak-anak. Foto: Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Iklan politik tentang susu pasangan calon presiden-calon wakil presiden pada Pemilu 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tidak melibatkan anak-anak.

Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo- Gibran, Budisatrio Djiwandono mengatakan iklan tersebut murni menggunakan teknologi artificial intelligence (AI).

Dia mengatakan hal tersebut menanggapi langkah kelompok masyarakat menamakan diri Radar Demokrasi Indonesia yang melaporkan TKN Prabowo-Gibran ke Bawaslu atas dugaan penayangan iklan kampanye yang melibatkan anak di bawah umur.

“Tidak ada anak-anak yang dilibatkan dalam pembuatan video iklan tersebut. Ini murni kreasi artificial intelligence atau AI, dari teks menjadi gambar yang di generate melalui AI.” ujar Budisatrio di Jakarta, Rabu (22/11).

Budisatrio menyebut pihaknya sangat berpegang teguh kepada aturan perundang-undang yang berlaku.

Salah satunya adalah UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

"Dalam pasal 1 poin 1 dijelaskan, Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Dalam iklan tersebut tidak ada anak-anak dalam artian fisik dan identitas. Tidak ada aktor anak-anak." ucapnya.

Politikus Partai Gerindra ini juga menjelaskan bahwa TKN taat dalam melaksanakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang mengatur tidak diperbolehkannya anak di bawah umur mengikuti kegiatan kampanye ataupun aktivitas politik.

Iklan susu pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tidak melibatkan anak-anak, murni AI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close