Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Imlek 2021: Alim Sugiantoro ungkap Makna Tahun Kerbau Logam

Selasa, 09 Februari 2021 – 17:50 WIB
Imlek 2021: Alim Sugiantoro ungkap Makna Tahun Kerbau Logam - JPNN.COM
Tokoh Konghucu dari Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban, Alim Sugiantoro saat bersembahyang. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Tahun baru Imlek akan diperingati pada 12 Februari 2021. Bagi masyarakat Tionghoa, Imlek kali ini dikenal sebagai tahun Kerbau Logam.

Tokoh Konghucu dari Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban, Alim Sugiantoro mengungkap makna tahun Kerbau Logam.

Menurutnya, tahun Kerbau Logam bisa diartikan sebagai momentum bagi semua orang untuk bangkit dan bekerja giat setelah melewati tantangan.

"Simbol logam ini diharapkan bisa memberi perubahan terhadap perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19. Semoga bisa kembali pulih dan lebih baik," kata Alim Sugiantoro, kepada JPNN, Selasa (9/2).

Ketua Penilik Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban ini mengatakan, tahun kerbau dimaknai dengan pengertian giat bekerja, pantang menyerah dan dapat diandalkan.

"Setelah di tahun 2020 dipenuhi kecemasan, pada 2021 ini sudah sepantasnya menjadi tahun penuh harapan dan semangat untuk memperbaiki diri menjadi individu yang lebih baik," ujarnya.

Terkait perayaan Imlek di kelenteng Kwan Sing Bio, lanjut Alim, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai bersih-bersih bagian tempat ibadah, penggantian lampion, dan penataan lilin.

Sedangkan untuk ritual pembersihan patu dewa sendiri telah dilakukan sebelum pemasangan lampion.