Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Imlek Nasional 2021: Momentum Berbagi, Mawas Diri, dan Peduli Sesama

Sabtu, 20 Februari 2021 – 15:37 WIB
Imlek Nasional 2021: Momentum Berbagi, Mawas Diri, dan Peduli Sesama - JPNN.COM
Perayaan Imlek Nasional 2021 secara virtual dihadiri Presden Joko Widodo. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Peringatan Imlek Nasional 2021 penuh makna. Dilakukan secara virtual, semua elemen bangsa bersatu sembari menggugah kesadaran bersama akan pentingnya mawas diri, peduli serta rela berbagi.

“Tahun ini, kebersamaan hadir dalam wujud yang berbeda, yakni melalui niat tulus kita memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19,” kata Ketua Panitia Imlek Nasional, G. Sulistiyanto mengawali acara Imlek 2021 bertemakan Untukmu Negeri, Kami Berbakti dan Peduli yang berlangsung virtual, Sabtu (20/2).

Menurut Sulistiyanto, acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta jajaran anggota Kabinet Indonesia Bersatu itu merupakan bentuk kepedulian. Tidak saja bagi diri sendiri, dan orang-orang terdekat, tetapi juga untuk masyarakat luas.

 “Apresiasi tertinggi kepada masyarakat Tionghoa yang dengan sepenuh hati menjalankan imbauan pemerintah dan ajakan panitia guna memeringati tahun baru dalam nuansa kesederhanaan, menghindari aktivitas publik maupun kerumunan," tutur Sulistiyanto.

Dia menyampaikan, teknologi adalah solusi guna menjadikan peringatan tahun baru imlek tetap bermakna. Sebab, semua bermula dari bakti, kepedulian dan kesederhanaan.

Dikisahkannya, ketika pemimpin Tiongkok di musim semi lebih dari dua ribu tahun silam sebelum masehi, berziarah dan memanjatkan doa kepada leluhur agar kebutuhan pangan rakyatnya terpenuhi, sembari mengajak jajarannya semakin mengayomi rakyat. 

"Apa yang mereka lakukan selanjutnya menjadi tradisi ungkapan rasa syukur masyarakat atas keberhasilan panen mereka,” ujarnya dalam peringatan yang turut dihadiri para anggota DPR,  pimpinan partai politik, kepala daerah dan tokoh masyarakat.

Dia melanjutkan, sistem penanggalan para pemimpin Tiongkok menempatkan awal tahun baru pada saat dimulainya musim semi. Itu sebabnya, tahun baru imlek dikenal pula sebagai perayaan musim semi, yang kemudian berkembang menjadi peringatan keagamaan bagi para pemeluk agama Konghucu serta keyakinan lainnya.

Peringatan Imlek Nasional 2021 jadi momentum untuk bersatu dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close