Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Impor Paha Ayam asal AS Dibatasi

Rabu, 02 September 2009 – 17:40 WIB
Impor Paha Ayam asal AS Dibatasi - JPNN.COM
BOGOR --Dengan adanya perbedaan pola konsumsi ayam di setiap negara, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menegaskan, pihaknya akan melakukan pembatasan impor paha ayam dari Amerika Serikat. “Mengenai impor paha ayam tidak ada perubahan. Pemerintah akan tetap membatasi impor paha ayam melalui ketentuan halal yang sudah dilakukan selama ini,” tegasnya ketika ditemui di Parung, Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/9).

Masih di tempat yang sama, Wakil Direktur Utama PT Sierad Produce Tbk Eko Putro Sandjojo juga turut membenarkan pernyataan Mendag tersebut yang juga mengatakan pihaknya memang mengkhawatirkan akan adanya serbuan impor paha ayam asal Amerika.

Dijelaskan, warga negara Amerika cenderung lebih memilih untuk mengkonsumsi dada ayam dibandingkan paha ayam. Sehingga paha ayam tersebut dijual murah ke negara lain termasuk Indonesia di mana masyarakatnya lebih gemar untuk mengkonsumsi paha ayam dan sayap.

“Paha ayam bisa masuk ke Indonesia dengan harga murah. Mereka bisa masuk dengan harga 50 sen dolar AS atau sekitar Rp 5 ribu per kilogram. Hal itu tentunya bisa dikatakan salah satu praktek dumping,” ungkap Eko yang menambahkan, jika serbuan impor semakin meningkat, maka dipastikan akan mengakibatkan nasib peternak ayam dan industri pemotongan ayam yang berjumlah 2,5 juta orang akan tertekan.

BOGOR --Dengan adanya perbedaan pola konsumsi ayam di setiap negara, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menegaskan, pihaknya akan melakukan pembatasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close