Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indeks Bisnis UMKM BRI Triwulan II 2024 Mulai Membaik, Ini 4 Faktor Utama Penopangnya

Jumat, 02 Agustus 2024 – 07:23 WIB
Indeks Bisnis UMKM BRI Triwulan II 2024 Mulai Membaik, Ini 4 Faktor Utama Penopangnya - JPNN.COM
Indeks Bisnis UMKM BRI Triwulan II 2024 menunjukkan ekspansi bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah mulai membaik dan prospektif, berikut 4 faktor utama sebagai penopangnya. Foto: Dokumentasi BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mempublikasikan Indeks Bisnis UMKM Triwulan II 2024 pada Kamis (1/8).

Dalam publikasi tersebut terlihat ekspansi bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mulai membaik.

Hal ini tercermin dari Indeks Bisnis UMKM pada Triwulan II 2024 tercatat di level 109,9 atau meningkat dari 102,9 pada kuartal sebelumnya.

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menjelaskan ekspansi bisnis UMKM yang mulai membaik ditopang oleh empat faktor utama.

“Pertama, adanya Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yang mendorong peningkatan permintaan terhadap barang dan jasa-jasa serta didukung oleh adanya THR yang meningkatkan daya beli pekerja," kata Supari.

Kedua, lanjut Supari, kondisi El-Nino mereda, adanya panen raya tanaman pangan dan harga beberapa komoditas perkebunan membaik yang berdampak pada peningkatan kinerja sektor pertanian serta memberikan spillover effects terhadap sektor lain.

"Selanjutnya peningkatan sektor konstruksi seiring dengan mulai bergulirnya proyek-proyek pemerintah dan didukung oleh cuaca yang semakin kondusif," sebutnya.

Terakhir, libur HBKN dan sekolah memberikan dampak yang positif bagi sektor pariwisata dan sektor terkait.

Indeks Bisnis UMKM BRI Triwulan II 2024 menunjukkan ekspansi bisnis UMKM mulai membaik dan prospektif, berikut 4 faktor utama sebagai penopangnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA