Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

India Ingin Belajar dari Indonesia yang Sukses Menyelenggarakan G20 Tahun Lalu

Kamis, 23 Maret 2023 – 09:28 WIB
India Ingin Belajar dari Indonesia yang Sukses Menyelenggarakan G20 Tahun Lalu - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia Anwar Sanusi (kiri) saat melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Ketenagakerjaan Kemnaker India Ms Arti Ahuja di Jenewa, Rabu (22/3). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JENEWA - Pejabat Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) India Ms Arti Ahuja mengutarakan keinginan untuk belajar dari Indonesia yang sukses menyelenggarakan Employment Working Group (EWG) dan Labour Employment Ministers' Meeting (LEMM) G20 tahun lalu.

Hal itu disampaikan Ms Arti Ahuja saat melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Kemnaker Indonesia Anwar Sanusi di Jenewa, Rabu (22/3) waktu setempat.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi mengungkapkan kesuksesan Indonesia tersebut membuat India sebagai presidensi tahun 2023 ini ingin belajar banyak hal.

"Bukan hanya bagaimana memimpin sidang, tetapi juga mengelola kegiatan itu dapat memberikan kesan dan menampilkan sisi Indonesia dalam bentuk perspektif yang lebih utuh, tidak hanya bicara isu yang diusung tetapi juga bicara sosial budaya yang dihadirkan sehingga menimbulkan impresi yang baik kepada negara-negara lain," kata Sekjen Anwar Sanusi.

Dalam pertemuan tersebut, Sekjen Anwar menegaskan kesiapan Indonesia mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Presidensi G20 India 2023.

Apalagi pada Presidensi G20 India 2023, Indonesia sebagai ketua bersama dengan India dan Brazil.

Sekjen Anwar mengatakan Indonesia mendukung isu-isu prioritas yang diangkat Presidensi India 2023, khususnya terkait upaya untuk mendekatkan kesenjangan keterampilan, perlindungan sosial, pemberdayaan pekerja gig, dan pembiayaan jaminan sosial yang berkelanjutan.

"Yang lebih penting adalah bagaimana kita menautkan antara tema yang diusung India itu dengan tema saat presidensi G20 Indonesia tahun lalu agar berkelanjutan," tegas Anwar.

Pejabat Kemnaker India Ms Arti Ahuja mengutarakan keinginan negaranya untuk belajar dari Indonesia yang sukses menyelenggarakan G20 tahun lalu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close