Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Alami Salah Satu Serangan Siber Terbesar, Apa Artinya?

Rabu, 03 Juli 2024 – 23:42 WIB
Indonesia Alami Salah Satu Serangan Siber Terbesar, Apa Artinya? - JPNN.COM
Pakar menilai kekuatan perlindungan data di Indonesia masih lemah. (Reuters: Samantha Sais)

Bulan lalu, sistem Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) mengalami serangan ransomware yang sempat menganggu proses imigrasi di sejumlah bandara udara dan sistem di lebih dari 230 lembaga pemerintahan.

Serangan ini diketahui dilakukan oleh kelompok Brain Cipher, yang terhubung LockBit3.0, yang juga pernah menyerang sejumlah negara termasuk Amerika Serikat dan Australia.

Selasa kemarin, kelompok peretas tersebut meminta maaf kepada publik di Indonesia, setelah sebelumnya pernah meminta tebusan lebih dari Rp130 miliar yang ditolak oleh pemerintah Indonesia.

Tapi, apa arti dari serangan siber yang dialami Indonesia? Sejumlah pengamat mengatakan setidaknya serangan ini menunjukkan keamanan siber kita yang masih lemah.

Kita 'gagal' melindungi data negara 

Pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya mengatakan keamanan data di Indonesia rentan, jika melihat serangan siber sebelumnya.

Menurutnya, perlindungan data pribadi "memang sudah gagal" jika melihat peristiwa kebocoran data pribadi dari tahun 2022 hingga 2023.

"Memang sudah gagal ya ... faktanya begitu, kita mau menyangkal apa?"

Salah satu penyebab kegalalan ini adalah pertahanan siber Indonesia yang "secara umum lemah".

Serangan siber yang terjadi pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) Indonesia menunjukkan beberapa hal, salah satunya kegagalan dalam melindungi data

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close