Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Indonesia Lebih Berpengalaman soal Revolusi Dibanding Reformasi

Rabu, 27 Februari 2013 – 22:00 WIB
Indonesia Lebih Berpengalaman soal Revolusi Dibanding Reformasi - JPNN.COM
JAKARTA - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro menyatakan bahwa Bangsa Indonesia sungguhnya tidak akrab dengan reformasi. Dalam catatan perjalanan sejarah, Indonesia justru lebih terbiasa dengan revolusi.

"Dalam sejarah, Indonesia merebut kemerdekaan melalui jalan revolusi melawan Belanda, lalu direbut lagi oleh Soeharto dengan mandat Supersemar," kata Siti di gedung DPD RI,  Rabu (27/2).

Pada era kepemimpinan Soekarno dan Soeharto, lanjut Siti, masing-masing memiliki gagasan besar yang hendak diperjuangkan.  Revolusi menurut versi Soekarno, mengantarkan Proklamator RI itu sebagai Panglima Besar Revolusi. Sementara revolusi pembangunan sebagai slogan Soeharto, menjadikan orang kuat Orde Baru itu sebagai Bapak Pembangunan.

Namun, kata Siti, setelah Soekarno dan Soeharto tumbang, presiden-presiden yang memimpin RI di era reformasi justru nyaris tidak memunculkan ide besar.Mulai dari Presiden Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono, sebut Siti, negeri ini berjalan tanpa tujuan yang jelas.

JAKARTA - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro menyatakan bahwa Bangsa Indonesia sungguhnya tidak akrab dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA