Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Industri Perikanan Mampu Berkembang di Tengah Pandemi

Senin, 22 Maret 2021 – 21:33 WIB
Industri Perikanan Mampu Berkembang di Tengah Pandemi - JPNN.COM
Ngobrol sore bersama pengurus Ferpukpi dan pengusaha di bidang perikanan. Foto; dokumen Ferpukpi

jpnn.com, JAKARTA - Industri perikanan nasional dinilai mampu bertahan dan berkembang di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Bidang Budi Daya Pelaku Usaha dan Perikanan Indonesia (Ferpukpi) Agus Priyono mengatakan, keberlanjutan, kualitas dan harga yang kompetitif merupakan kunci bagi komoditas perikanan nasional agar bisa memasuki pasar global. Terutama Uni Eropa.

"Tentu saja hal ini perlu ditunjang dengan pembangunan infrastruktur serta konektifitas industri perikanan di seantero Indonesia. Khususnya kawasan timur,” kata Agus dalam Ngobrol Sore (Ngobso) di kawasan Depok, Minggu (21/3).

Hal itu diamini Linda Kartika Dewi dan Kiky Palupy, pengusaha di bidang perikanan. Menurut mereka, kejelasan peraturan dan perlindungan terhadap pengusaha serta nelayan menjadi kunci industri perikanan menjadi tuan di negeri sendiri.

Ketua Umum Ferpukpi Kris Budiharjo mengungkap komitmen pihaknya dalam mendukung pemerintah menciptakan iklim usaha yang bebas pungli dan korupsi.

“Sekaligus mengawal regulasi kelautan dan perikanan sesuai UU Cipta Kerja, agar mudah, transparan dan konsisten terhadap pengelolaan usaha hasil laut kita,” ujarnya.

Dia juga berharap Menteri KKP yang baru, Wahyu Sakti Trenggono bisa menyelesaikan permasalahan seperti bahan baku pakan, penyakit, cold storage, perizinan kapal bertonase di atas 150GT hingga ekspor benih bening lobster yang menjadi polemik. (jlo/jpnn)

Industri perikanan nasional dinilai mampu bertahan dan berkembang di tengah pandemi Covid-19.

Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close