Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ingat! Jangan Asal Kirim Pasien ke Sulianti Saroso, Kasihan..

Sabtu, 07 Maret 2020 – 08:30 WIB
Ingat! Jangan Asal Kirim Pasien ke Sulianti Saroso, Kasihan.. - JPNN.COM
RSPI Sulianti Saroso. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pihak Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso (RSPI SS) memuji Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang segera memberi cadangan rumah sakit rujukan untuk orang dalam pemantauan (ODP) virus corona (Covid-19).

"DKI ini memberikan dukungan (backup) kepada semua ini. Tolong wartawan bantu mengumumkan ada delapan rumah sakit rujukan Corona," ujar Direktur Utama RSPI SS Mohammad Syahril, Jumat (6/3).

Seperti tercantum di situs corona.jakarta.go.id, rumah sakit rujukan selain RSIP SS ialah RSUP Persahabatan Jakarta Timur, RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat, RSUP Fatmawati Jakarta Selatan, RSUD Pasar Minggu Jakarta Selatan, RSUP Cengkareng Jakarta Barat, RSAL Mintoharjo Jakarta Pusat dan RS Polri Jakarta Timur.

Syahril mengatakan di RSPI SS saat ini masih menerima rujukan pasien terduga mengidap (suspect) Covid-19.

Hanya saja, dari sebelas ruangan isolasi yang disediakan sudah terisi sembilan serta satu ruangan isolasi tidak bisa diisi sembarangan karena diperuntukkan hanya untuk pasien yang membutuhkan alat bantu pernapasan (ventilator).

RSPI SS hanya memiliki satu kamar tersisa yang bisa dipastikan steril dan bisa dipergunakan untuk mengisolasi pasien suspect Covid-19 yang tidak membutuhkan ventilator tersebut.

Oleh karena itu, ia meminta wartawan menyampaikan dalam beritanya agar rumah sakit lain tidak sembarangan merujuk pasien ke RSPI SS jika belum betul-betul memenuhi kriteria mengidap penyakit menular tersebut.

"Mohon sampaikan ke rumah sakit yang lain, janganlah asal kirim pasien. Harus betul memenuhi kriteria. Kasihan lo pasien jauh-jauh ke sini, akhirnya masuk ke ruang biasa. Karena sayang ruang isolasinya kalau dia enggak perlu ke sana," kata Syahril.

Selain RSPI Sulianti Saroso, masih ada tujuh rumah sakit rujukan di wilayah DKI Jakarta terkait pengawasan virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close