Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ingat, Penanganan Limbah B3 Tak Kalah Serius dari Karhutla

Minggu, 29 September 2019 – 21:22 WIB
Ingat, Penanganan Limbah B3 Tak Kalah Serius dari Karhutla - JPNN.COM
Wakil Ketua Gerakan Rakyat Pembela Tanah Air Ferry Is Mirza. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerhati lingkungan hidup Ajat Sudrajat meminta kepada Bareskrim Polri dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk bekerja sama mengatasi permasalahan limbah B3 atau Bahan Berbahaya Beracun.

Menurut Ajat, selama ini pemerintah terlalu fokus pada masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saja, padahal persoalan limbah B3 juga sangat serius.

“Karhutla memang perlu diatasi, tetapi masalah limbah juga penting karena menyangkut kesehatan masyarakat,” kata Ajat kepada wartawan, Minggu (29/9).

Salah satunya yang sudah dilakukan oleh PT Non Ferindo Utama (NFU). Meski telah ditetapkan tersangka oleh Bareskrim karena melanggar pasal dalam pengelolaan limbah B3, namun pemerintah harus memberikan perhatian lebih.

Sementara itu, Wakil Ketua Gerakan Rakyat Pembela Tanah Air (Gerpana) Ferry Is Mirza meminta agar Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) KLHK untuk bertindak atas perbuatan yang dilakukan PT NFU.

Pasalnya, Ferry menilai PT NFU diduga tak hanya melanggar Pasal 102, Pasal 109 juncto Pasal 116 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, tetapi juga Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2009 tentang Tata Cara dan Persyaratan Teknis Penyimpanan LB3.

"Kami minta agar Gakkum KLHK memeriksa dan menindak secara tegas kepada PT NFU,” ujar dia.

Menurutnya, PT NFU telah melakukan pengelolaan limbah B3 berupa aki bekas secara ilegal dan tak memiliki izin UKL-UPL, izin lingkungan, dan izin pengumpulan limbah B3.

“Hal ini akan berakibat fatal karena merusak lingkungan dan berbahaya bagi masyarakat sekitar sehingga harus segera diambil tindakan penanganan secara komprehensif,” sambung Ferry yang juga merupakan jurnalis senior.

Selama ini pemerintah dinilai terlalu fokus pada masalah karhutla saja, padahal masalah limbah B3 juga sangat serius.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close