Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ingatkan Bahaya Politik Identitas, IYN Dorong Partisipasi Aktif Masyarakat di Pilkada Serentak 2024

Minggu, 18 Agustus 2024 – 20:18 WIB
Ingatkan Bahaya Politik Identitas, IYN Dorong Partisipasi Aktif Masyarakat di Pilkada Serentak 2024 - JPNN.COM
Mahasiswa yang tergabung dalam Indonesia Youth Network (IYN) mengadakan diskusi terbuka menjelang Pilkada Serentak 2024 di Tebet, Jakarta Selatan, Minggu, (18/08). Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Mahasiswa yang tergabung dalam Indonesia Youth Network (IYN) mengadakan diskusi terbuka menjelang Pilkada Serentak 2024 di Tebet, Jakarta Selatan, Minggu, (18/08).

Dengan mengusung tema "Sukseskan Pilkada Serentak 2024 yang Aman dan Damai Tanpa Politik Identitas dan Politisasi Isu SARA", acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga integritas dan kedamaian selama proses pemilihan berlangsung.

Ketua IYN, Rizky Ahmad Baihaqi, dalam sambutannya menekankan bahwa persatuan bangsa harus menjadi prioritas utama di atas kepentingan politik sempit.

"Kami, sebagai mahasiswa, memiliki tanggung jawab moral untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya politik identitas dan politisasi isu SARA yang bisa memecah belah bangsa. Kami harus bersama-sama memastikan Pilkada 2024 berjalan aman dan damai, dengan mengedepankan nilai-nilai persatuan," ujar Rizky.

Diskusi ini menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Ahmad Zidni Jamjami dari Lembaga Nasional Pemantau Pemilu PRODEWA dan Wahyu Al Fajri, Korpus BEM PTNU Se-Indonesia.

Ahmad Zidni mengingatkan bahwa politik identitas dan SARA sering digunakan sebagai alat untuk memecah belah masyarakat, terutama melalui media sosial.

"Kita harus cerdas dalam menyikapi konten yang beredar di media sosial. Jangan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak benar dan berpotensi merusak kerukunan antarwarga," tegasnya.

Sementara itu, Wahyu Al Fajri menyoroti tantangan besar yang dihadapi oleh generasi muda dalam menjaga kualitas demokrasi di Indonesia.

Mahasiswa yang tergabung dalam Indonesia Youth Network (IYN) mengadakan diskusi terbuka menjelang Pilkada Serentak 2024 di Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (18/8)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA