Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ingin Periksa Bansos? Masyarakat Bisa Dowload Aplikasi Ini

Kamis, 05 Mei 2022 – 11:10 WIB
Ingin Periksa Bansos? Masyarakat Bisa Dowload Aplikasi Ini - JPNN.COM
Pemerintah akan mempercepat penyaluran sejumlah bantuan sosial. Ilustrasi BST: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan Aplikasi Cek Bansos, sebagai upaya peningkatan ketepatan dalam penyaluran Bantuan Sosial (Bansos).

Kepala Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial Agus Zainal Arifin menyatakan aplikasi berbasis digital ini membuka partisipasi masyarakat melalui fitur 'usul' dan 'sanggah'.

Dia menjelaskan masyarakat bisa mengakses dengan menggunakan ID pengguna yang telah diverifikasi dan diaktivasi oleh admin Kemensos.

Agus menyebutkan pemilik ID dapat memberikan tanggapan kelayakan pada penerima manfaat yang dinilai tidak layak mendapatkan bantuan sosial dengan cara memilih ikon, mengisi alasan, pernyataan, lalu mengirim tanggapan.

"Pemilik ID juga bisa mendaftarkan dirinya, keluarga, masyarakat lain, fakir miskin yang berada dalam satu desa atau kelurahan secara langsung pada tombol tambah usulan," kata Agus Zainal Arifin dalam keterangannya, Kamis (5/5).

Dia menegaskan fitur usul sanggah ini penting karena untuk memfasilitasi masyarakat luas turut berpartisipasi dalam penyaluran bansos tepat sasaran.

"Oleh karena itu, peran serta masyarakat sangat diharapkan," lanjutnya.

Agus menyebutkan respons masyarakat baik terkait kelayakan atau usulan baru akan masuk ke dashboard aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) user supervisor di Dinas Sosial Kabupaten/Kota.

Kementerian Sosial meluncurkan Aplikasi Cek Bansos sebagai upaya peningkatan ketepatan dalam penyaluran Bantuan Sosial (Bansos).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close