Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini 5 Pentolan KKB yang Sangat Ditakuti & Paling Dicari, Ada Sosok Muda

Senin, 04 April 2022 – 19:17 WIB
Ini 5 Pentolan KKB yang Sangat Ditakuti & Paling Dicari, Ada Sosok Muda - JPNN.COM
Egianus Kogoya, pimpinan KKB yang beroperasi di wilayah Kabupaten Nduga, Papua. Foto: Facebook Egianus Kogoya 2018

jpnn.com, JAYAPURA - Kepolisian Daerah (Polda) Papua telah memetakan tujuh kabupaten yang menjadi wilayah operasi Satgas Damai Cartenz.

Ketujuh kabupaten itu ialah Puncak, Paniai, Intan Jaya, Mimika, Nduga, Lanny Jaya, dan Puncak Jaya.

Di tujuh daerah itulah kelompok kriminal bersenjata (KKB) kerap melakukan aksi teror terhadap aparat maupun warga sipil.

Walakin, KKB dalam kelompok kecil juga melakukan aksi teror di luar tujuh kabupaten itu, misalnya di Yahukimo, Pegunungan Bintang, dan Kepulauan Yapen (Serui).

Sejumlah KKB dengan pimpinan masing-masing bergerak di daerah tertentu. Beberapa nama kondang pentolan KKB ialah Lekagak Telenggen, Demianus Magai Yogi, Sabinus Waker, Jhony Botak, Egianus Kogoya, Goliat Tabuni, dan Puron Okinam Wenda.

Berikut ini adalah profil para pentolan KKB;

1. Lekagak Telenggen
Sosoknya ditakuti sebagian masyarakat pedalaman Papua, khususnya yang tinggal di wilayah pegunungan. Kelompoknya yang dikenal kejam dan sadis kerap menebar teror di wilayah Kabupaten Puncak dan Mimika.

Nama Lekagak ada di daftar pencarian orang (DPO) TNI dan Polri. KKB pimpinannya pula yang menembak Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Mayjen (Anumerta) TNI Putu Danny.

Sejumlah kelompok kriminal bersenjata (KKB) dengan pimpinan masing-masing bergerak di daerah tertentu. Para pentolannya dikenal sadis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close