Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Berbagi Antibiotik

Jumat, 10 April 2020 – 04:19 WIB
Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Berbagi Antibiotik - JPNN.COM
Ilustrasi Antibiotik. FOTO : pixabay

jpnn.com - Berbagi obat antibiotik tidak boleh dilakukan agar tak terjadi resistensi antibiotik. Lalu bagaimana cara minum antibiotik yang benar? Apa saja aturan minum antibiotik?

Hampir semua orang pernah mengonsumsi antibiotik untuk mengobati penyakit akibat infeksi bakteri.

Karena fungsinya yang sangat signifikan, antibiotik bukanlah obat yang bisa dikonsumsi sembarangan.

Anda memerlukan rekomendasi dari dokter untuk mendapatkan obat antibiotik. Tak hanya itu, agar obat tersebut benar-benar memberikan manfaat yang diinginkan, penting sekali untuk mengetahui aturan minum antibiotik yang benar.

Anda juga sangat tidak dianjurkan untuk berbagi antibiotik dengan orang lain, sekalipun penyakit orang tersebut mirip dengan yang terjadi pada diri Anda. Hal ini dilakukan guna menghindari efek samping antibiotik seperti resistensi antibiotik.

Mengapa Antibiotik Tak Boleh Dibagi-bagi?

Dilansir dari Healthline.com, peneliti di Pusat Kesehatan Anak Cohen, New York, melaporkan bahwa 48 persen orang tua yang disurvei menyimpan sisa obat antibiotik. Lebih merisaukan lagi, 73 persen orang tua pernah memberikan antibiotik tersebut kepada anggota keluarga atau kerabat lain agar mendapatkan efek minum antibiotik yang sama.

Peneliti dari studi tersebut, Ruth Milanaik, mengatakan bahwa hasil tersebut mengkhawatirkan karena ternyata selama ini banyak orang berbagi atau pinjam-meminjam antibiotik. Kondisi ini dianggap sebagai pengalihan resep.

Hampir semua orang pernah mengonsumsi antibiotik untuk mengobati penyakit akibat infeksi bakteri.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close