Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Alasannya MUI Mengharamkan Cryptocurrency

Kamis, 11 November 2021 – 18:52 WIB
Ini Alasannya MUI Mengharamkan Cryptocurrency - JPNN.COM
Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi mengumumkan bahwa penggunaan cryptocurrency atau kripto haram. Ilustrasi: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi mengumumkan bahwa penggunaan cryptocurrency atau mata uang digital kripto haram.

Ketua MUI Asrorun Niam Soleh membeberkan alasan cryptocurrency haram digunakan oleh umat muslim.

"Karena mengandung gharar, dharar, dan bertentangan dengan Undang-Undang nomor 7 tahun 2011 dan Peraturan Bank Indonesia nomor 17 Tahun 2015," ungkap Asrorun dalam forum Ijtima Ulama yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (11/11).

Menurut Asrorun, cryptocurrency tidak boleh diperdagangkan sebagai komoditi atau aset digital, karena kripto mengandung gharar, dharar, qimar, dan tidak memenuhi syarat sil'ah secara syar’i.

"Syarat sil'ah meliputi wujud fisik, memiliki nilai, diketahui jumlahnya secara pasti, hak milik, dan bisa diserahkan ke pembeli," kata Ketua MUI.

Namun, cryptocurrency sebagai komoditi/aset yang memenuhi syarat sebagai sil'ah dan memiliki underlying serta bermanfaat jelas sah untuk diperjualbelikan.

Di Indonesia kripto menjadi komoditi bursa berjanga dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan, yakni Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka. (mcr10/jpnn)
Video Terpopuler Hari ini:

Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi mengumumkan bahwa penggunaan cryptocurrency atau kripto haram.

Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close