Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Hasil Survei TBRC: Isran Noor-Hadi Mulyadi vs Rudy Mas'ud-Seno Aji di Pilgub Kaltim

Senin, 09 September 2024 – 08:49 WIB
Ini Hasil Survei TBRC: Isran Noor-Hadi Mulyadi vs Rudy Mas'ud-Seno Aji di Pilgub Kaltim - JPNN.COM
TBRC merilis hasil survei terkait elektabilitas Isran Noor-Hadi Mulyadi vs Rudy Mas'ud-Seno Aji di Pilkada Kaltim 2024. ilustrasi. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, SAMARINDA - Timur Barat Research Centre (TBRC) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada Kaltim 2024.

Survei dilakukan TBRC pada 28 Agustus hingga 7 September 2024 itu bertujuan mengukur peta kekuatan suara di Pilgub Kaltim yang akan diikuti dua pasangan calon (paslon).

Kedua paslon tersbeut, yakni petahana Isran Noor-Hadi Mulyadi yang diusung PDIP, Demokrat, Gelora, Hanura, Partai Ummat, dan Perindo.

Kemudian Rudy Mas'ud-Seno Aji yang diusung Partai Golkar, Gerindra, PKB, PAN, PKS, Nasdem, PPP, PSI, PBB, Partai Buruh, Partai Garuda, PKN, dan Partai Prima.

Pada tingkat elektabilitas dengan pertanyaan terbuka, TBRC mensimulasikan dua pasangan cagub-cawagub Kaltim pada responden dengan pertanyaan 'Apabila Pilkada dilaksanakan hari ini?'.

"Hasillnya, Rudy Mas'ud-Seno Aji unggul dengan tingkat elektabilitas 47,9 persen. Sementara itu, Isran Noor-Hadi Mulyadi memperoleh 31,4 persen, dan yang belum menentukan pilihan sebanyak 20,7 persen," kata Direktur Eksekutive TBRC Johanes Romeo dalam keterangannya, Senin (9/9).

TBRC juga melakukan simulasi pertanyaan tertutup menggunakan kertas kuisioner yang berisikan nama dan gambar kedua pasangan cagub-cawagub, dengan pertanyaan "Jika Pilkada digelar hari ini, pasangan mana yang Anda pilih?"

"Hasil tabulasi data survei menunjukkan Rudy Mas'ud-Seno Aji dipilih sebanyak 58,2 persen. Lalu Isran Noor-Hadi Mulyadi sebanyak 33,6%, dan yang tidak memilih sebanyak 8,2 persen," sebut Johanes

TBRC merilis hasil survei terkait elektabilitas Isran Noor-Hadi Mulyadi vs Rudy Mas'ud-Seno Aji di Pilkada Kaltim 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA