Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Klaim Kemenangan PDIP dari Pilkada 2018

Unggul di Enam Pilgub, Dominan di Pilkada Kabupaten/Kota

Kamis, 28 Juni 2018 – 12:21 WIB
Ini Klaim Kemenangan PDIP dari Pilkada 2018 - JPNN.COM
Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengklaim partainya telah menang di sebagian besar kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada 2018. Sedangkan untuk pemilihan gubernur, partai pimpinan Megawati Soekarnoputi itu menang di enam provinsi sekaligus membuat rekor di Bali.

Hasto menuturkan, dari 17 pemilihan gubernur, PDIP memenangkan calonnya di Bali, Jateng, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Sulawesi Selatan. Ada kader PDIP sebagai calon gubernur ataupun calon wakil gubernur yang menang pilkada.

“Dari enam provinsi itu terdapat empat kader PDIP yang menjadi gubernur dan tiga kader jadi wakil gubernur. Untuk pertama kalinya Bali dipimpin kader partai (I Wayan Koster, red),” ujar Hasto melalui layanan pesan ke media, Kamis (28/6).

Sedangkan untuk pilkada kabupaten/kota, PDIP berpartisipasi di 152 dari 154 daerah. Hasilnya, PDIP memenangkan jagonya di 91 daerah atau 60 persen.

Dari 91 daerah itu ada 33 kader PDIP yang menjadi kepala daerah. Sedangkan kader PDIP yang menjadi wakil kepala daerah ada 38 orang.

“Kemenangan PDI Perjuangan berada di tingkat kabupaten/kota. Yang menggembirakan jumlah kader partai yang terpilih semakin banyak. Dengan demikian tolok ukur yang paling riil dalam pilkada ditentukan oleh jumlah kader yang berhasil menjabat sebagai kepala dan wakil kepala daerah, sebagai buah dari proses pendidikan politik kader,” tutur Hasto.

Selain itu, kata Hasto, jumlah kader PDIP yang menjadi kepala dan wakil kepala daerah telah meningkat secara signifikan. Dari 214 pada lima tahun sebelumnya, menjadi 345 orang.

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan, penyelenggaraan Pilkada 2018 juga menjadi bukti bahwa PDIP tetap memegang teguh komitmen politik berkeadaban. Menurut Hasto, kekalahan justru menjadi cambuk untuk memperbaiki diri.

Dari 17 pemilihan gubernur, PDIP memenangkan calonnya di Provinsi Bali, Jateng, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Sulawesi Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close