Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Lho Bahaya Rokok yang Mengancam Kesehatan Wanita

Kamis, 03 Juni 2021 – 11:51 WIB
Ini Lho Bahaya Rokok yang Mengancam Kesehatan Wanita - JPNN.COM
Ilustrasi logo wanita. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - BAGI Anda yang menyukai menghisap rokok, tentu sudah tahu apa bahaya dari nikotin.

Namun, bahaya rokok bisa mengincar siapa saja, bukan hanya perokok aktif, perokok pasif juga bisa terkena efek sampingnya.

Bahaya rokok juga bisa mengancam kesehatan wanita.

Spesialis penyakit dalam dr. Pandang Tedi Adriyanto, M.Sc, Sp.PD, FINASIM dari Universitas Gadjah Mada memaparkan bahaya rokok yang bisa mengancam kesehatan kaum Hawa meliputi kanker serviks, kanker payudara, terganggunya siklus menstruasi dan kesuburan hingga komplikasi kehamilan.

Pandang menjelaskan, sebuah penelitian mengungkapkan kandungan bahan kimia pada rokok bisa meningkatkan risiko wanita mengalami kanker serviks (leher rahim) dan kanker payudara dibandingkan wanita yang tidak merokok.

" Bahan kimia pada rokok bisa melemahkan pertahanan sel serviks serta meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan peradangan," kata dr. Pandang.

" Hal ini secara tidak langsung akan membuat pertumbuhan sel yang tidak normal atau sel kanker di serviks bisa terjadi dengan lebih mudah," kata dia kepada ANTARA, dikutip Kamis.

Dokter spesialis penyakit dalam di Primaya Hospital Sukabumi ini menambahkan, perempuan yang merokok juga berisiko lebih tinggi mengalami kanker jenis lainnya, seperti kanker usus besar, bila dibandingkan dengan perokok pria.

Ada beberapa bahaya rokok yang bisa mengancam kesehatan wanita seperti risiko kanker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close