Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Peran Kementerian ATR/BPN di Penataan Ruang Jabodetabekpunjur

Kamis, 26 Agustus 2021 – 16:22 WIB
Ini Peran Kementerian ATR/BPN di Penataan Ruang Jabodetabekpunjur - JPNN.COM
Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil menghadiri Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penataan Ruang Kawasan Jabodetabekpunjur, Rabu (26/8). Foto: Kementerian ATR/BPN.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) ikut berperan dalam pilot project penataan ruang di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak dan Cianjur (Jabodetabekpunjur).

Pada pertemuan yang dihadiri Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang diadakan di Ruang Rapat Menteri PUPR, Jakarta pada Rabu (25/8), dibahas upaya kolaborasi terintegrasi dalam penanganan isu strategis Jabodetabekpunjur, salah satunya banjir.

Sejumlah kegiatan akan dilakukan dalam pilot project penataan ruang Jabodetabekpunjur.

Meliputi antara lain penataan Kali Cijambe, Penataan Situ Cibereum, penataan kawasan Cipinang Besar Selatan (Cibesel) melalui konsolidasi tanah vertikal dan penataan Situ Rompong.

Sebagai tindak lanjut, Kementerian ATR/BPN melalui Kantor Wilayah BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan setempat berperan dalam melakukan investigasi hak atas tanah yang berada di atas badan air.

Selain itu, Kementerian ATR/BPN dan jajarannya akan melakukan pemetaan Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (P4T) serta melakukan konsolidasi tanah vertikal pada kawasan Cibesel.

Sebagai informasi, pertemuan dilakukan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Turut mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN, Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengembangan Kawasan, Dwi Hariyawan.

Hadir juga Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengendalian Pemanfaatan Ruang Wisnubroto Sarosa, Direktur Konsolidasi Tanah dan Pengembangan Pertanahan pada Direktorat Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan Aria Indra Purnama, dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta Dwi Budi Martono beserta jajaran. (mar1/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) ikut berperan dalam pilot project penataan ruang di kawasan Jabodetabekpunjur.

Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Tim Redaksi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close