Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Peta Persebaran Covid-19 di Kabupaten Bogor

Selasa, 02 Juni 2020 – 16:56 WIB
Ini Peta Persebaran Covid-19 di Kabupaten Bogor - JPNN.COM
Ilustrasi Covid-19. Foto: diambil dari pixabay

jpnn.com, CIBINONG - Badan Informasi Geospasial (BIG) meluncurkan peta distribusi konsentrasi virus corona COVID-19 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Analisis heat map menggunakan masukan (input) data titik pengamatan yang diinterpolasi menjadi gambaran permukaan untuk menunjukkan nilai kepadatan atau konsentrasi kejadian di wilayah Kabupaten Bogor," kata Kepala Bidang Pemetaan Kebencanaan dan Perubahan Iklim BIG, Ferrari Pinem dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/6).

Menurut dia, angka dalam peta itu dihitung berdasarkan jumlah kejadian positif terkonfirmasi di setiap desa atau kelurahan Kabupaten Bogor selama 64 hari, yaitu mulai 7 Maret 2020 hingga 14 Mei 2020.

Ferrari menyebutkan peta distribusi COVID-19 ini dapat digunakan untuk indikator lebih lanjut tentang sebaran angka atau nilai dari perhitungan setiap titik pengamatan yang mewakili jumlah total kasus terkonfirmasi positif di wilayah desa kelurahan tersebut.

Analisa ini dilaksanakan oleh Nugroho Purwono dan Ratna Sari Dewi selaku anggota Tim Penyiapan Data dan Informasi Geospasial Tematik Corona Virus Disease 2019 BIG yang dibentuk melalui Keputusan Kepala BIG No 21 tahun 2020.

Peta tersebut menunjukkan bahwa kepadatan konsentrasi tinggi kejadian positif COVID-19 di wilayah Kabupaten Bogor seperti Kecamatan Gunung Putri, Cileungsi, Cibinong, Bojonggede, Tajurhalang, dan Kemang.

"Berdasar derajat kepadatan yang menunjukkan tingkat konsentrasi kejadian dapat dikatakan bahwa penduduk beberapa desa di kecamatan tersebut mempunyai tingkat risiko yang lebih tinggi daripada wilayah lain. Wilayah tersebut berada pada episenter kejadian," paparnya.

Ia mengatakan bahwa beberapa desa di enam kecamatan itu merupakan wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi bila dibandingkan dengan wilayah lain yang ada di Kabupaten Bogor. Hal itu dibuktikan dengan data kepadatan penduduk dimana titik konsentrasi kejadian berada pada desa atau kelurahan yang sebagian besar memiliki kepadatan penduduk lebih dari 100 jiwa per hektar.

Badan Informasi Geospasial (BIG) meluncurkan peta distribusi konsentrasi virus corona COVID-19 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, selama penerapan PSBB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close