Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Gordon, Penguin Kecil Tertua yang Keturunannya Tersebar di Australia

Senin, 08 Agustus 2022 – 23:59 WIB
Inilah Gordon, Penguin Kecil Tertua yang Keturunannya Tersebar di Australia - JPNN.COM
Gordon si penguin kecil di Kebun Binatang Adelaide telah berjasa menyelamatkan populasi spesiesnya yang terus menurun. (Supplied: Zoos SA)

Dalam usianya yang telah mencapai 21 tahun, Gordon tercatat sebagai penguin kecil Australia tertua dan masih mempertahankan kehidupan reproduktif yang aktif. Usianya setara dengan 89 tahun usia manusia.

Hidup lebih lama 14 tahun dari rata-rata harapan hidup spesiesnya yang hanya sekitar 7 tahun, penguin "senior" ini juga sibuk menjaga kelestarian populasinya yang terus menurun.

Garis keturunan Gordon terbilang besar. Dia berhasil membesarkan empat anak betina dewasa, yang telah berkembang biak di koloni lain spesies ini di seluruh Australia.

Pengasuhnya di Kebun Binatang Adelaide, Amelia Kennett, menjelaskan hal itu bukan "prestasi" biasa bagi hewan yang biasanya kawin dengan satu pasangan seumur hidup.

"Dia memiliki banyak pasangan, hal ini tidak biasa untuk penguin kecil," jelas Amelia.

"Apalagi karena dia memiliki pasangan yang berbeda-beda, artinya dia tidak terlalu terwakili secara genetik. Jadi boleh dikata dia melakukannya dengan baik," katanya.

Meskipun saat ini menderita radang sendi dan kebutaan sebagian, Gordon terus membuat takjub, menetaskan seekor anak penguin beberapa hari yang lalu.

Penjaganya berharap anak penguin baru ini akan selamat dan bisa mencapai usia dewasa.

Dalam usianya yang telah mencapai 21 tahun, Gordon tercatat sebagai penguin kecil Australia tertua dan masih mempertahankan kehidupan reproduktif yang aktif

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close