Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Penyebab Natuna Jauh dari Konflik dan Intoleransi, Kepala BPIP Sampaikan Hal Ini

Rabu, 14 Desember 2022 – 15:58 WIB
Inilah Penyebab Natuna Jauh dari Konflik dan Intoleransi, Kepala BPIP Sampaikan Hal Ini - JPNN.COM
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi bersama Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda saat hadir di Seminar Pembinaan Ideologi Pancasila untuk Komunitas Perbatasan yang berlangsung di STAI Natuna, Rabu (14/12). Foto: Dokumentasi Humas BPIP

jpnn.com, NATUNA - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi menyampaikan Natuna merupakan daerah teritoris kepulauan yang ada di Indonesia yang memiliki adat yang kokoh dan kehidupan beragama yang harmonis.

Hal itu disampaikan Prof Yudian saat hadir di acara Seminar Pembinaan Ideologi Pancasila untuk Komunitas Perbatasan yang berlangsung di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna.

"Saya bangga bisa hadir memenuhi undangan STAI Natuna. Apalagi Natuna juga terkenal dengan adatnya yang kokoh dan kehidupan beragamanya yang harmonis, yang jauh dari kata konflik dan intoleransi," kata Prof Yudian saat memberikan sambutan di depan mahasiswa STAI Natuna, Rabu (14/12).

Inilah Penyebab Natuna Jauh dari Konflik dan Intoleransi, Kepala BPIP Sampaikan Hal Ini

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi saat menyampaikan sambutan di Seminar Pembinaan Ideologi Pancasila untuk Komunitas Perbatasan yang berlangsung di STAI Natuna, Rabu (14/12). Foto: Dokumentasi Humas BPIP

Dalam kesempatan itu, Prof Yudian juga menyinggung mengenai keberadaan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Nasional.

Pada regulasi itu disebutkan bahwa salah satu pusat kegiatan strategis nasional, yaitu kawasan yang ditetapkan secara nasional mempunyai nilai strategis yang penataan ruangnya diprioritaskan, di mana usaha dan kegiatannya berdampak besar terhadap kondisi geopolitis dan pertahanan keamanan nasional serta regional.

"Wilayah perbatasan sebagai batas kedaulatan suatu negara secara universal memiliki peran strategis dalam penentuan kebijakan pemerintah, baik untuk kepentingan nasional maupun hubungan antarnegara," terang mantan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu.

Prof Yudian menjelaskan modernisasi wilayah perbatasan tidak selalu diterjemahkan dalam pengertian fiskal dan teknis.

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi menyampaikan Natuna merupakan daerah perbatasan yang kokoh dan Pancasilais hingga jauh dari konflik dan intoleransi selama ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close