Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inovasi 2 Siswi SMA SPK Pribadi, Mengubah CO2 menjadi O2 dalam Waktu Singkat

Senin, 25 November 2019 – 05:41 WIB
Inovasi 2 Siswi SMA SPK Pribadi, Mengubah CO2 menjadi O2 dalam Waktu Singkat - JPNN.COM
Dua siswi SMA SPK Pribadi, Sasi (kiri) dan Sabila membuat alat pemurni udara. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com - Polusi udara yang semakin meningkat menjadi masalah utama masyarakat Indonesia. Tidak hanya karena sebaran CO2 dari pembuangan kendaraan dan asap pabrik, tetapi juga kebakaran hutan. Masalah inilah yang mendasari Sabila Yasira dan Sasi Kirana Fadiya membuat alat sederhana untuk mengubah CO2 menjadi O2 dalam waktu singkat.

Mesya Mohamad, Bandung

SEJATINYA alat pemurni udara sudah ditemukan Pusat Teknologi Lingkungan - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (PTL-BPPT). Alat pemurni udara atau sistem Fotobioreaktor adalah reaktor yang dirakit dari bahan tembus pandang semisal akrilik yang dilengkapi dengan instalasi suplai media dan emisi gas untuk mengkultur mikroalga yang bertujuan penangkapan atau penyerapan gas CO2.

Dalam penerapannya, fotobioreaktor tersebut memanfaatkan mikroalga seperti Chlorella sp seperti yang sudah diterapkan oleh PTL-BPPT.

Namun, alat tersebut terbilang mahal. Oleh Sabila dan Sasi, dua siswa kelas 10 SMA SPK Pribadi Bilingual School Bandung, dibuat alat yang lebih sederhana dan murah meriah. Bahan utamanya adalah Alga yang bisa ditemukan di persawahan.

Alga (jamak Algae) adalah sekelompok organisme autotrof yang tidak memiliki organ dengan perbedaan fungsi yang nyata. Alga bahkan dapat dianggap tidak memiliki "organ" seperti yang dimiliki tumbuhan (akar, batang, daun, dan sebagainya).

Yang menarik, meski sederhana, alat ini bisa ditempatkan di ruang bawah tanah seperti terowongan MRT untuk pemurnian udara.

"Alat yang kami buat jauh lebih murah daripada alat pemurni udara yang sudah ada. Alat kami ini menggunakan bahan-bahan murah tetapi efeknya setara dengan alat pemurni yang ada," kata Sasi saat ditemui di Pribadi Festival 2019, Sabtu (23/11).

Dua siswa SMA SPK Pribadi Bilingual School Bandung membuat inovasi, membuat alat mengubah CO2 menjadi O2 dalam waktu singkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close