Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Investor Minta Jaminan Pasokan Batu bara

Kamis, 23 Oktober 2008 – 13:45 WIB
Investor Minta Jaminan Pasokan Batu bara - JPNN.COM
JAKARTA - Pasokan energi primer termasuk batu bara menjadi syarat penting bagi investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Itu pula yang diminta investor asal Amerika Serikat (AS) dan ASEAN. Keinginan itu terungkap dalam pertemuan antara delegasi kamar dagang Amerika Serikat dan ASEAN dengan jajaran Departemen ESDM.

Staf Ahli Menteri ESDM bidang Ekonomi dan Keuangan Simon F. Sembiring mengatakan, delegasi kamar dagang AS mempertanyakan kebijakan pemerintah Indonesia di sektor energi dan pertambangan. ''Terutama soal jaminan pasokan batu bara,'' ujar Simon usai pertemuan, Rabu (22/10).

Menurut Simon, kepastian soal batu bara dibutuhkan delegasi kamar dagang AS dan Asean, terutama jika nanti undang-undang pertambangan yang baru (UU Mineral dan Batu bara) jadi disahkan. ''Mereka ingin memastikan, apakah dengan UU baru itu nanti, pasokan tetap terjamin atau tidak,'' katanya.

Jaminan suplai pasokan batu bara ke pasar AS memang sangat diharapkan. Pasalnya, konsumsi batu bara AS memang cukup tinggi. ''Sekitar 40 persen sumber listrik mereka pakai batu bara,'' terang Simon.

JAKARTA - Pasokan energi primer termasuk batu bara menjadi syarat penting bagi investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Itu pula yang diminta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close