Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IPB dan UT Luncurkan Buku Tata Niaga Pertanian

Rabu, 28 April 2021 – 21:11 WIB
IPB dan UT Luncurkan Buku Tata Niaga Pertanian - JPNN.COM
Dekan Sekolah Vokasi IPB University Dr. Ir. Arief Daryanto memaparkan buku Tata Niaga Pertanian. Foto tangkapan zoom

jpnn.com, JAKARTA - IPB University bersama Universitas Terbuka meluncurkan buku Tata Niaga Pertanian secara virtual. Buku ini diharapkan mampu memberikan panduan dalam memahami tata niaga pertanian di era digital ekonomi yang kompleks.

"Termasuk bagaimana solusi meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemasaran produk pertanian di masa pandemi," kata Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat saat peluncuran buku Tata Niaga Pertanian, Rabu (28/4).

Menurut Ojat, tata niaga pertanian memang dapat digambarkan dalam skema yang sederhana. Namun kondisi dan permasalahan aktual yang dihadapi sektor pertanian khususnya dan perekonomian pada umumnya, membuat situasi tata niaga di lapangan menjadi sangat kompleks.

Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman yang mendalam disertai kepiawaian menuangkan pikiran dalam bahasa umum dan sederhana.

"Ini agar para pembaca bisa mengerti apa yang terjadi pada tata niaga pertanian Indonesia," katanya.

Sementara itu, Dr. Ir. Arief Daryanto, Dip. Ec. Ag. M.Ec yang menjadi pemapar buku tersebut sebelumnya telah berkontribusi terhadap pengembangan bahan ajar pada program studi agribisnis UT. Salah satunya pada mata kuliah tata niaga pertanian.

Menurut Arief, buku itu akan membantu para pembelajar atau mahasiswa untuk lebih mendalami dinamika sistem pertanian dan pangan.

"Juga mampu membuat keputusan tata niaga atau pemasaran yang menguntungkan," ujar Dekan Sekolah Vokasi IPB University ini.

IPB dan UT berkolaborasi membuat buku Tata Niaga Pertanian yang menjadi panduan pembelajaran mahasiswa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close