Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ingin Dunia Pertanian Indonesia Maju? Pemerintah Harus Terus Berinovasi

Minggu, 25 April 2021 – 23:47 WIB
Ingin Dunia Pertanian Indonesia Maju? Pemerintah Harus Terus Berinovasi - JPNN.COM
Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional HKTI Moeldoko saat menghadiri pembukaan Gathering Pemuda Tani HKTI, di Jakarta. Foto: dok Pemuda Tani HKTI

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPP Pemuda Tani HKTI) mendorong pemerintah membuat inovasi baru untuk mewujudkan kedaulatan pangan yang berkelanjutan.

Menurut Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI, Rina Sa’adah, sektor pertanian terutama pangan nasional tetap tumbuh positif dan stok tetap terjaga selama masa pandemi Covid-19 sehingga ini harus menjadi momentum yang dipertahankan.

Momentum baik itu harus dipertahankan dengan cara meningkatkan produksi pangan nasional di masa-masa mendatang.

“Pemuda Tani HKTI terus mendorong agar korporasi usaha tani bisa dimasifkan dan peran- peran pemuda tani seperti pendampingan harus terus dilakukan agar konsep, program-program inovatif dari organisasi ini dan atau pemerintah bisa sampai ke petani dengan tepat,"  ujar Rina saat pembukaan Gathering Pemuda Tani HKTI, di Jakarta, Sabtu (24/4) 

Rina menegaskan pertanian nasional harus menjadi pijakan untuk menyambut Indonesia Emas 2045 yaitu bagaimana Indonesia bisa lepas dari negara importir pangan menjadi eksportir.

Kemudian, kata dia, yang terpenting adalah kehidupan petani Indonesia harus bisa lebih sejahtera di masa mendatang.

Di sinilah pentingnya inovasi dan tentunya tidak mengabaikan juga aspek-aspek seperti alih fungsi lahan pertanian menjadi industri atau perumahan, luas lahan petani yang kecil (rata-rata 0,5 ha) dan lain-lain.

Rina mengatakan di tengah usia petani Indonesia yang didominasi usia lanjut (45-55 tahun) dengan tingkat penggunaan dan adaptif teknologi yang masih rendah maka regenerasi sangat mendesak untuk dilakukan.

Pemuda Tani HKTI terus mendorong agar korporasi usaha tani bisa dimasifkan dan peran- peran pemuda tani seperti pendampingan harus terus dilakukan agar konsep, program-program inovatif dari organisasi ini dan atau pemerintah bisa sampai ke petani dengan t

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close