Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IPNU: Surat Edaran Menag Tentang Pengeras Suara untuk Perkuat Dakwah Santun

Selasa, 01 Maret 2022 – 20:56 WIB
IPNU: Surat Edaran Menag Tentang Pengeras Suara untuk Perkuat Dakwah Santun - JPNN.COM
Ketua Umum PP IPNU Aswandi Jailani. Foto: dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) mengapresiasi penerbitan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala.

Hal ini mengingat pengeras suara kerap digunakan melebihi fungsi asalnya untuk memberitahukan masuknya waktu salat dan dakwah.

"Penggunaan pengeras suara dalam berdakwah tentu sangat dibutuhkan. Namun, jika berlebihan juga tidak baik bagi masyarakat," kata Ketua Umum PP IPNU Aswandi Jailani, Selasa (1/3).

Aswandi menjelaskan bahwa penggunaan pengeras suara sangat penting selama tidak menggangu masyarakat. Sebab, Rasulullah SAW juga menganjurkan setiap muslim untuk tidak mengganggu orang, sekalipun itu zikir.

"Rasulullah memerintahkan para sahabatnya dan tentu juga kepada kita sebagai umatnya untuk memelankan suara saat salat, zikir, dan doa. Tujuannya, ya, agar tidak mengganggu orang lain," kata dia.

Pria asal Jambi itu menegaskan bahwa dalam ibadah diperlukan ketenangan, sehingga suara keras yang dapat mengganggu tidak diperkenankan.

"Pedoman menag ini bukan untuk membatasi dakwah, melainkan untuk memperkuat dakwah santun tanpa harus mengganggu aktivitas masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, Aswandi mengajak masyarakat, khususnya para pelajar, untuk melihat dan membaca SE Menteri Agama tersebut dengan saksama dan pikiran jernih.

IPNU mengapresiasi penerbitan SE Menteri Agama (Menag) Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close