Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Iran Halalkan Atlet Putri Ikut Angkat Besi

Sabtu, 25 November 2017 – 07:45 WIB
Iran Halalkan Atlet Putri Ikut Angkat Besi - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: Apo Caballero/Marca

jpnn.com, TEHRAN - Iran akhirnya memperbolehkan atlet putri turun di ajang internasional angkat besi. Selama ini, cabang tersebut hanya boleh diikuti oleh atlet putra, dan Iran punya kultur angkat besi hebat, terbukti dengan tujuh medali emas Olimpiade hingga saat ini.

Presiden Federasi Angkat Besi Iran Ali Moradi menyatakan, Komite Angkat Besi Wanita telah didirikan. Sejumlah atlet putri bertalenta sudah berhasil dijaring dan siap menjalani pemusatan latihan. ''Mereka memiliki kapasitas yang sama dengan atlet putra, dan saya berharap dengan mengenakan pakaian khusus untuk atlet muslim, mereka bisa ambil bagian di kejuaraan internasional dalam waktu dekat,'' terangnya dilansir Marca.

Direktur Umum Federasi Angkat Besi (IWF) Arab Saudi Attila Adamfi berkomentar, kebijakan tersebut merupakan berita baik bagi atlet putri di Iran. Karena sebelumnya angkat besi adalah olahraga yang memiliki level sangat tinggi bagi para laki-laki, tapi sama sekali diharamkan bagi wanita. Bukan cuma Iran, Arab Saudi juga sedang melakukan program pelatihan angkat besi bagi atlet putri.

Iran dan Arab Saudi adalah dua negara Islam terbesar yang belum menurunkan atlet putrinya di ajang angkat besi dunia. Keduanya, sudah mendaftarkan atlet putranya di Kejuaraan Dunia IWF di Anaheim, California pekan depan. Diperkirakan mereka bakal memberikan keterangan lebih detail mengenai program pelatihan atlet putrinya di tengah perhelatan tersebut.

Dalam sejarahnya, wanita dilarang berkompetisi di ajang angkat besi sampai 1983. Setelah IWF mengubah aturan, nomor putri di Kejuaraan Dunia diadakan kembali mulai 1987. Sedangkan untuk level Olimpiade baru dimulai pada 2000. (cak)

Selama ini Iran hanya membolehkan atlet putra angkat besi yang turun di ajang internasional.

Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close