Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Iran Pamer Jet Tempur Anyar, Israel Kebakaran Jenggot

Minggu, 26 Agustus 2018 – 12:52 WIB
Iran Pamer Jet Tempur Anyar, Israel Kebakaran Jenggot - JPNN.COM
Presiden Iran Hasan Rouhani menjajal duduk di kokpit pesawat tempur Koshwar. Foto: AP

jpnn.com, TEHRAN - Pemerintah Iran punya jet tempur anyar. Selasa (21/8) Presiden Hassan Rouhani bangga memamerkan pesawat militer terbaru Iran itu kepada dunia.

Jet tempur bernama Kowsar tersebut diklaim sebagai produksi murni dalam negeri. Namun, desain Kowsar sangat mirip dengan armada militer milik Amerika Serikat (AS).

Press TV melaporkan bahwa Rouhani memperkenalkan Kowsar kepada publik dalam pameran industri pertahanan di Teheran. Itu acara tahunan yang selalu menyedot perhatian dunia.

’’Banyak yang mengidentikkan peningkatan kekuatan militer kami dengan perang. Padahal, yang kami inginkan adalah perdamaian,’’ ujar Rouhani dalam sambutannya.

Iran, menurut Rouhani, butuh kekuatan untuk mempertahankan diri sekaligus mencegah peperangan. Dengan begitu, Iran tidak menjadi sasaran negara lain yang agresif.

’’Kalau tidak begini, mereka akan mengira kami beri lampu hijau untuk menginvasi kami,’’ tegasnya.

Dia menambahkan bahwa Kowsar jauh lebih canggih daripada pesawat tempur Iran yang lain. Sebab, teknologinya sudah mutakhir.

Israel langsung mereaksi keras kehadiran Kowsar. Ofir Gendelman, Jubir Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu, mengkritik jet tempur buatan Iran itu. Dia mengatakan bahwa pesawat tersebut hanya meniru F-5 buatan AS yang diluncurkan pada 1960-an.

Pemerintah Iran punya jet tempur anyar. Selasa (21/8) Presiden Hassan Rouhani bangga memamerkan pesawat militer terbaru Iran itu kepada dunia

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close