Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Irjen Ahmad Haydar: Pelayanan Pembuatan SIM Harus Bebas Pungli

Rabu, 09 November 2022 – 07:30 WIB
Irjen Ahmad Haydar: Pelayanan Pembuatan SIM Harus Bebas Pungli - JPNN.COM
Dokumentasi - Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar mengecek pelayanan SIM di Polresta Banda Aceh. ANTARA/HO/Bidhumas Polda Aceh

jpnn.com - BANDA ACEH - Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar mengingatkan jajarannya agar tidak ada pungutan liar dalam pelayanan pembuatan surat izin mengemudi kepada masyarakat.

Jenderal bintang dua itu menegaskan pelayanan pembuatan SIM harus bebas pungli dan pungutan ilegal lainnya.

"Kami ingatkan bahwa pelayanan pembuatan SIM maupun pelayanan lainnya di setiap satuan penyelenggara administrasi lainnya harus bebas pungli," kata Irjen Ahmad Haydar.

Sebelumnya, Irjen Ahmad Haydar menggencarkan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa satuan penyelenggara administrasi SIM, di antaranya, Satpas SIM Polresta Banda Aceh dan Polres Aceh Besar.

Menurutnya, sidak itu untuk memastikan bahwa pelayanan dan pembuatan SIM di setiap satpas bebas pungli maupun pungutan ilegal lainnya.

"Sidak ini adalah bentuk pengawasan dari saya selaku kepala satuan wilayah. Apalagi pemberantasan pungli adalah bagian dari program Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo," ungkap Irjen Ahmad Haydar.

Kapolda Aceh mengibau masyarakat agar tidak terpengaruh lagi dengan pengurusan SIM yang membutuhkan biaya tambahan. Yang terpenting, dalam kepengurusan SIM adalah seluruh administrasinya lengkap.

Bagi masyarakat awam dan belum paham terkait pembuatan SIM, bisa meminta bantuan dengan Bhabinkamtibmas yang ada di desa.

Irjen Ahmad Hadyar mengingatkan jajarannya agar tidak ada pungli dalam pelayanan pembuatan SIM. Pemberantasan pungli merupakan salah satu program Kapolri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close