Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Irjen Rikwanto: Keliru Besar Jika Masih Ada yang Menyepelekan Covid-19

Jumat, 19 Maret 2021 – 09:05 WIB
Irjen Rikwanto: Keliru Besar Jika Masih Ada yang Menyepelekan Covid-19 - JPNN.COM
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto. (ANTARA/Firman)

jpnn.com, BANJARMASIN - Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Rikwanto mewanti-wanti seluruh masyarakat tidak menganggap remeh Covid-19. Sebab, virus itu sangat berbahaya hingga bisa menyebabkan kematian.

"Keliru besar jika masih ada yang menyepelekan Covid-19. Sudah banyak orang meninggal dunia akibat pandemi ini," kata Irjen Rikwanto di Banjarmasin, Kamis (18/3).

Mantan Kapolda Maluku Utara itu mengatakan keterlambatan pengobatan kerap memicu kematian pasien Covid-19. Sebab. penyakit itu tidak disadari penderita sebelumnya.

Dampaknya bisa lebih berbahaya bila yang terpapar virus corona mempunyai riwayat penyakit penyerta.

Oleh karena itu, Rikwanto mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk segera memeriksakan diri jika merasakan ada gejala sakit.

"Deteksi dini dapat mencegah kondisi lebih parah. Menurut para ahli, Covid-19 ini seribu wajah jadi gejalanya pada setiap orang berbeda-beda termasuk tanpa gejala," jelas mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu.

Untuk Irjen Rikwanto menegaskan penerapan protokol kesehatan adalah kunci keberhasilan dalam mencegah penularan Covid-19 yang wajib dilakukan oleh setiap orang.

Dia juga mengingatkan jajaran anggotanya agar menerapkan konsep bekerja dengan protokol kesehatan ketat 5M; mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau interaksi.