Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ISeA Watch Siap Mengawasi dan Memantau Tugas BPK

Rabu, 25 April 2018 – 00:40 WIB
ISeA Watch Siap Mengawasi dan Memantau Tugas BPK - JPNN.COM
Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, BEKASI - Independence Supreme Audit Watch (ISeA Watch) atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Wacth resmi dideklarasikan di Bintang Sport Center (BSC), Jalan Raya Mustika Sari, Bekasi Timur, Selasa (24/4). Lembaga sebagai lembaga swadaya masyarakat ini bertugas untuk mengawasi dan memantau tugas-tugas konstitusional BPK.

Untuk itu, ISeA Watch siap melakukan pengawasan masyarakat terhadap pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. 

“ISeA Watch menjadi lembaga yang menampung keinginan masyarakat dalam mengawasi dan memantau tugas-tugas kewajiban konstitusional BPK berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang dilakukan secara transparan, independen dan integritas tinggi," ujar Ketua ISeA Watch Zindar Kar Marbun seperti dilansir dalam siaran persnya. Acara deklarasi ini dihadiri oleh Wakil Ketua BPK RI Baharullah Akbar.

Zindar mengatakan, ISeA Watch lahir dari keprihatinan masih adanya permasalahan yang dihadapi BPK. Salah satunya, penyalahgunaan wewenang dalam memeriksa pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara.

“Selain itu, masih banyak ketentuan dan peraturan perundangan yang belum kondusif mendukung keberadaan BPK yang independen dan profesional. Nah, ISeA Watch ini nanti juga akan melakukan langkah-langkah hukum untuk mendukung BPK yang independen dan profesional," tutur dia.

ISeA Watch, kata Zindar juga menjadi wadah bagi masyarakat yang menginginkan pentingnya negara memiliki jajaran pemeriksa keuangan yang terbebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Lembaga ini, tambah dia, juga akan menjadi tempat bagi mereka yang menginginkan setiap laporan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara terbebas dari manipulasi dan kecurangan.

"Kita berharap ISeA Watch juga bisa membuat negara terhindar dari setiap perbuatan merugikan keuangan negara yang berasal dari tindak pidana korupsi, sehingga keuangan negara diperuntukkan bagi kesejahteraan rakyat," tandas dia.

ISeA Watch menjadi lembaga yang menampung keinginan masyarakat dalam mengawasi tugas-tugas kewajiban konstitusional BPK berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close