Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ISESS: Kapolri Harus Tegur Kapolda Sulsel Terkait Dugaan Intimidasi Wartawan

Senin, 16 September 2024 – 15:11 WIB
ISESS: Kapolri Harus Tegur Kapolda Sulsel Terkait Dugaan Intimidasi Wartawan - JPNN.COM
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Kepolisian dari ISESS (Institute for Security and Strategic Studies) Bambang Rukminto meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turun tangan menegur Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Andi Rian Djajadi yang diduga melakukan intimidasi terhadap wartawan media nasional.

Sebab, kata dia, Kadiv Propam Polri Irjen Abdul Karim tidak mungkin berani untuk menegur Kapolda Sulawesi Selatan.

“Pertanyaannya, apakah pemanggilan Divisi Propam akan efektif? Mengingat Kadiv Propam dan Kapolda sama-sama bintang 2. Yang bisa dilakukan hanyalah mendorong Kapolri untuk melakukan teguran pada oknum Kapolda yang melakukan intimidasi dan tidak mengindahkan UU Pers,” kata Bambang kepada wartawan pada Minggu (15/9/2024).

Menurut Andi Rian, Kapolda Sulsel belum mengindahkan panggilan Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Kompolnas RI).

Oleh karena itu, dia memina Kapolri harus turun tangan langsung menegur Kapolda Sulawesi Selatan atas tindakannya yang diduga arogan kepada wartawan.

“Kalau Kompolnas tidak diindahkan itu wajar. Jadi, Kapolri lah yang harus melakukan teguran secara langsung setelah mendapat masukan dari Kompolnas,” ujar dia.

Sebab, Bambang khawatir jika Kapolri diam atas tindakan arogansi Kapolda Sulawesi Selatan, maka kepercayaan masyarakat terhadap institusi Kepolisian Republik Indonesia akan menurun.

Apalagi, kata dia, Kapolri dianggap melindungi rekan satu angkatannya yakni Irjen Andi Rian Djajadi.

Pengamat Kepolisian dari ISESS Bambang Rukminto meminta Kapolri menegur Kapolda Sulsel Irjen Andi Rian Djajadi yang diduga mengintimidasi terhadap wartawan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA