Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jadi Calon Ketum, Abdul Hakim El Bawa Slogan HMI Bernurani

Senin, 13 November 2023 – 20:42 WIB
Jadi Calon Ketum, Abdul Hakim El Bawa Slogan HMI Bernurani - JPNN.COM
Calon Ketua Umum, Abdul Hakim El. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Calon Ketua Umum PB HMI 2023-2025, Abdul Hakim El menyebutkan hal yang lumrah jika muncul dinamika internal setiap dua tahun periode kepengurusan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam.

Dia menilai perlu kilas balik untuk menelaah nafas perjuangan lahirnya HMI yang dijuliki hijau hitam itu.

"Dahulu pada kongres HMI ke I di Jogyakarta ditetapkan tujuan yaitu 'Mengembangkan Agama Islam dan Mempertinggi' derajat rakyat dan Indonesia ditetapkan sebagai sebuah acuan berorganisasi," kata Hakim dalam keterangannya, Senin (13/11).

Dia menjelaskan pada Kongres HMI ke-4 di Bandung 1955 telah diubah tujuan HMI hasil Kongres I HMI menjadi ikut mengusahakan terbentuknya manusia akademis, pencipta dan pengabdi yang bernafaskan Islam. 

"Terkait perubahan pertama ini, A. Dahlan Ranuwihardjo dalam bukunya menjelaskan pada saat itu HMI sampai pada pendapat bahwa HMI yang isinya adalah mahasiswa, calon sarjana atau calon intelektual tidaklah tepat jika berfungsi sebagai organisasi massa, apalagi sebagai organisasi kekuatan politik praktis," lanjutnya.

Hakim juga menjelaskan pada saat itu disepakatilah sebuah tujuan HMI untuk memfungsikan sebagai organisasi kader yang bertujuan membina anggotanya menjadi kader. 

"Karena itu, yang menjadi fokus dan objek tujuan HMI adalah pribadi-pribadi, individu-individu para anggota," ungkapnya.

Hakim menjelaskan tujuan HMI hasil Kongres ke-4 itu mengalami perubahan setelah bertahan selama 16 tahun.

Calon Ketua Umum, Abdul Hakim El menyebutkan hal yang lumrah jika muncul dinamika internal setiap dua tahun periode kepengurusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close