Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jadi Irup Harkitnas, Sekda Sumsel Sampaikan Pesan Penting Plt Menkominfo Mahfud MD

Senin, 22 Mei 2023 – 21:13 WIB
Jadi Irup Harkitnas, Sekda Sumsel Sampaikan Pesan Penting Plt Menkominfo Mahfud MD - JPNN.COM
Sekretaris Daerah Sumsel SA Supriono menjadi inspektur upacara peringatan Harkitnas ke-115 Tahun 2023 yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Sumatera Selatan, Senin (22/5) pagi. Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel SA Supriono menyampaikan sejumlah pesan penting dari Plt Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Mahfud MD saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115, Senin (22/5) pagi.

Plt Menkominfo Mahfud MD dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Supriono mengingatkan peristiwa yang terjadi 115 tahun lalu.

Kala itu bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

Boedi Oetomo didirikan oleh dr Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA).

"Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong Bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu," kata Sekda Supriono membacakan sambutan Plt Menkominfo Mahfud MD.

Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra- kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan.

"Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak- mengobarkan api 'Semangat untuk bangkit demi mewujudkan Indonesia Emas 2045," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Sekda Supriono juga sempat menyinggung pencabutan status darurat kesehatan flobal untuk Covid-19 oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Kita patut bersyukur, karena dunia telah melalui krisis pandemi Covid-19," ucapnya.

Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Harkitnas ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi.

"Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga hendaknya dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama kita," pesannya.

Hadir dalam upacara peringatan Harkitnas tersebut, Kepala Dinas Kominfo Sumsel Achmad Rizwan, Kepala Satpol PP Aris Saputra dan sejumlah perwakilan Forkopimda Sumsel. (mrk/jpnn)

Sekda Sumsel RA Supriono menyampaikan sejumlah pesan penting Plt Mahmud MD saat menjadi inspektur upacara peringatan Harkitnas, simak selengkapnya

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close