Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jadi Ujung Tombak Layanan Kesehatan, Nakes Diminta Melek Teknologi

Senin, 02 Oktober 2023 – 21:15 WIB
Jadi Ujung Tombak Layanan Kesehatan, Nakes Diminta Melek Teknologi - JPNN.COM
Kemenkominfo bersama KTKI memberikan pembinaan literasi digital bagi Konsil Kefarmasian untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) memberikan pembinaan literasi digital bagi Konsil Kefarmasian untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. 

Ketua KTKI, Amirudin Supartono menyampaikan perkembangan teknologi informasi yang makin pesat harus diikuti kemampuan sumber daya manusia (SDM) untuk menguasainya. Hal ini demi tujuan kemaslahatan yang lebih besar dan memudahkan manusia dalam aktivitasnya. 

Selain bidang-bidang potensial lainnya, penguasaan teknologi informasi dan digital juga harus dikuasai oleh mereka yang bekerja di sektor kesehatan. 

"Hal ini agar tenaga medis dan kesehatan mampu memberikan layanan yang lebih baik bagi masyarakat, " kata Ketua KTKI, Amirudin Supartono dalam keterangannya, Senin (2/10). 

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Bonifasius Pudjianto, mengatakan bahwa di era transformasi digital ini membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pelayanan publik.

“Oleh karena itu, pemahaman tentang literasi digital menjadi sangat penting, terutama bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan yang bertugas sebagai pelayanan publik,” kata Boni.

Semenrara, Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Sofian Lusa menjelaskan bahwa dalam pemberdayaan literasi digital ini, tenaga medis dan tenaga kesehatan harus menguasai kecakapan digital untuk bisa mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam pekerjaan mereka.

“Peningkatan kecakapan digital secara individu melalui lifelong learning menjadi kunci yang harus dimiliki oleh tenaga kesehatan dan tenaga medis agar mampu memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan kesehatan secara profesional untuk masyarakat sebagai penerima layanan kesehatan," kata Sofian.

Jadi ujung tombak layanan kesehatan, nakes dan tenaga medis harus melek teknologi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close