Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jakarta Naik Level, Pengamat Bandingkan Peran SBY, Jokowi, Ahok, dan Anies

Minggu, 15 November 2020 – 09:51 WIB
Jakarta Naik Level, Pengamat Bandingkan Peran SBY, Jokowi, Ahok, dan Anies - JPNN.COM
Ibu Kota Jakarta terpilih sebagai kota terbaik di Dunia dalam Sustainable Transport Award (STA) 2021. Foto: Azil/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Terpilihnya Jakarta sebagai kota terbaik di Dunia dalam Sustainable Transport Award (STA) 2021 menunjukkan ibu kota RI naik level.

Pengamat Transportasi Publik Leny Maryouri PhD memberikan analisisnya terkait siapa saja tokoh di balik kesuksesan tersebut.

Menurut Leny, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan fokus pada pembangunan di level menciptakan kenyamanan bagi masyarakatnya. Kalau bicara transportasi general (umum), kata dia, sebenarnya sudah ada pada masa-masa jauh sebelum Anies.

"Sekarang ini kan prestasi DKI diklaim sebagai hasil kinerja Pak Ahok dan Pak Jokowi sebelumnya (semasa jadi gubernur). Let say (mari kita bicara) ke belakang sedikit, itu sebenarnya kalau bicara transportasi, Jakarta itu sejak dulu sudah diakui mempunya jaringan public transport yang sangat connect dan sangat bagus," kata Leny dalam kanal Hersubeno di YouTube.

Dia mencontohkan, ketika masyarakat berdiri di mana saja pasti sudah ada public transport. Sejak tahun 80-an kondisinya sudah seperti itu. Jadi sudah diakui jaringan transportasinya sangat bagus.

"Ingat ya, itu jaringannya. Jadi transportasinya itu di mana-mana ada," ucapnya.

Nah, berikutnya di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hard infrastructure-nya itu kebijakannya mulai diwadahi secara baik. Jadi pondasi kebijakannya ada di sana.

"Kebijakan hard infrastructurenya ditambah dengan pendanaan itu ada di masa Pak SBY," sebut Leny.

Pengamat Transportasi Publik membandingkan peran SBY, Jokowi, Ahok dan Anies Baswedan yang membuat DKI Jakarta menjadi kota terbaik di dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close