Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jakarta Sudah Tak Layak jadi Pusat Pemerintahan

Farhan Hamid: Siapa pun Memimpin Auranya Menjajah Daerah

Jumat, 07 Desember 2012 – 21:30 WIB
Jakarta Sudah Tak Layak jadi Pusat Pemerintahan - JPNN.COM
PALANGKA RAYA - Wakil Ketua MPR, Ahmad Farhan Hamid mengatakan Jakarta sudah tidak layak lagi jadi pusat pemerintahan. Selain karena sudah jorok dan sesak, Jakarta juga berada di bawah permukaan laut sehingga perlu dipikirkan untuk memindahkan pusat pemerintahan.

"Ada banyak tempat yang bisa dijadikan pilihan. Bisa Makassar, Banyuwangi dan Palangka Raya. Kata kuncinya adalah pusat pemerintahan harus pindah karena Jakarta sudah tidak layak lagi," kata Farhan pada diskusi bertema Wacana Pemindahan Pusat Pemerintahan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (7/12) malam.

Farhan Hamid menjelaskan penataan Jakarta susah sangat semrawut. Dengan polusi yang sangat tinggi kata dia, Organiasi Kesehatan Dunia, WHO (World Health Organization) menempatkan Jakarta sebagai kota terjorok ketiga di dunia. "Masak kita mau tinggal di kota terjorok?" ucapnya.

Ia juga mengulas dari sisi sejarah tentang keberadaan Jakarta. Kata dia, Jakarta merupakan ibu kota bentukan dari VOC (Verenigde Oost Indische Compagnie) yang menjajah bangsa Indonesia.

PALANGKA RAYA - Wakil Ketua MPR, Ahmad Farhan Hamid mengatakan Jakarta sudah tidak layak lagi jadi pusat pemerintahan. Selain karena sudah jorok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA