Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Eling Lan Waspada, Pameran Butet di Bali untuk Peringatkan Melik Nggendong Lali

Minggu, 20 Oktober 2024 – 01:04 WIB
Eling Lan Waspada, Pameran Butet di Bali untuk Peringatkan Melik Nggendong Lali - JPNN.COM
Seniman Butet Kartaredjasa berpose di depan seni instalasi berjudul Melik Nggendong Lali dalam pameran Eling Lan Waspada di Tonyraka Art Gallery, Ubud, Bali, Sabtu (19/10/2024). Foto: JPNN.com

jpnn.com, BALI - Seniman kondang Butet Kartaredjasa menggelar pameran seni rupa di Ubud, Bali pada Sabtu (19/10/2024). Pameran bertitel Eling Lan Waspada tersebut menjadi pengingat bagi semua pihak, terutama yang berkuasa.

Redaksi JPNN.com

RATUSAN orang meriung di halaman berumput di depan joglo Tonyraka Art Gallery, Ubud, Kabupaten Gianyar sejak petang.

Sejumlah nama beken dari berbagai latar belakang tampak di antara mereka, seperti Ayu Laksmi, Hamid Basyaib, Hasto Kristiyanto, Goenawan Mohamad, Oppie Andaresta, Sukidi, hingga Sri Krishna Encik.

Di situ, Butet menjadi sahibulhajat. Meski terlihat kian sepuh dan harus memegang tongkat untuk alat bantu jalan, seniman berusia 62 tahun itu masih mampu berbicara lantang, terutama dalam mengkritisi kondisi sosial politik belakangan ini.

“Kalau jalan politik kotor, kita kembali ke jalan kebudayaan," ungkap Butet.

Oleh karena itu, berbagai karya yang dipajang pada pameran tersebut bernuansa politik. Sebagai contohnya ialah seni instalasi bertitel ‘Melik Nggendong Lali’ hasil kombinasi patung dan lukisan.

Butet menjelaskan 'Melik Nggendong Lali' berarti orang yang sangat bernafsu akan kekuasaan punya kecenderungan lupa diri.

Seniman kondang Butet Kartaredjasa menggelar pameran seni rupa bertitel Eling Lan Waspada pada Sabtu (19/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA