Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jaksa Agung Kaji Hukuman Mati bagi Koruptor Asabri

Kamis, 28 Oktober 2021 – 19:21 WIB
Jaksa Agung Kaji Hukuman Mati bagi Koruptor Asabri - JPNN.COM
Jaksa Agung ST Burhanuddin. ilustrasi Foto: ANTARA/Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin merasa resah melihat  sejumlah kasus tindak korupsi yang tengah ditangani lembaganya.

Pasalnya, kasus seperti korupsi di PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asabri tidak hanya menimbulkan kerugian negara, tetapi juga berdampak luas kepada masyarakat sipil dan prajurit TNI.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan Sanitiar membuka kemungkinan koruptor kasus-kasus tersebut dijerat hukuman mati.

"Oleh karena itu, Bapak Jaksa Agung sedang mengkaji kemungkinan penerapan hukuman mati guna memberikan rasa keadilan dalam penuntutan perkara dimaksud," kata Leonard dalam keterangannya, Kamis (28/10).

Dia memastikan kajian terkait hukuman mati itu akan memperhatikan Hukum Positif yang berlaku dan hak asasi manusia (HAM).

Selain itu, lanjut Leonard, Sanitiar juga mempertimbangkan konstruksi lain seperti mengupayakan hasil rampasan agar bisa bermanfaat langsung dan adanya kepastian, baik terhadap kepentingan pemerintah maupun masyarakat yang terdampak korban dari kejahatan korupsi.

Diketahui, kasus korupsi Jiwasraya menimbulkan kerugian negara hingga Rp 16,8 triliun sementara kasus Asabri mencapai Rp 22,78 triliun. (mcr9/jpnn)

Sanitiar Burhanuddin merasa prihatin dengan kasus tindak pidana korupsi sehingga membuka kemungkinan adanya hukuman mati bagi koruptor.

Redaktur : Adil
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close